Jumat, 27 November 2020 |
News Room - Hukum

Gelapkan Uang Nasabah, 'Debt Collector' Ditangkap Polisi Tangerang

Senin, 30 Jan 2017 | 18:33 WIB Dibaca: 1320 Pengunjung

Foto Ilustrasi

TANGERANG, [NEWSmedia] - Seorang anggota koperasi di Kecamatan Pasar Kemis, Tangerang, diciduk aparat Polresta Tangerang, karena menggelapkan puluhan juta uang nasabah.

"Kami tangkap pelaku yang bernama Zega alias Kenzi (25), berkat adanya laporan anggota koperasi yang dirugikan," kata Kapolresta Tangerang Kombes Pol Asep Edi Suheri di Tangerang.

Asep mengatakan modus yang dilakukan dengan cara mengelapkan uang setoran yang seharuskan diberikan kepada bendahara koperasi. Pelaku adalah sebagai penagih uang koperasi simpan pinjam dan memanfaatkan uang tersebut untuk kepentingan pribadi.

Pelaku sudah empat bulan bekerja sebagai karyawan koperasi dan dipercaya untuk menagih kepada anggota yang meminjam. Kasus pengelapan uang koperasi tersebut saat ini sedang ditangani aparat Polsek Pasar Kemis.

Kapolsek Pasar Kemis, Kompol Kosasih mengatakan pelaku yang menggelapkan uang nasabah cepat ditangani karena bila dibiarkan jumlahnya terus bertambah.

"Ada sekitar Rp 19 juta uang nasabah yang diambil pelaku dan bila dibiarkan tidak tertutup kemungkinan mencapai ratusan juta rupiah jika dilihatkan dari nominal simpan pinjam," ungkapnya.

Polisi menyita buku audit pinjaman nasabah, rekapiltuasi keuangan serta dokumen lainnya diamankan sebagai barang bukti.

Pelaku akan dijerat dengan pasal 374 KUHP tentang penggelapan, dengan ancaman hukuman maksimal lima tahun penjara. [bsc]

Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Gelapkan Uang Nasabah, 'Debt Collector' Ditangkap Polisi Tangerang

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top