Rabu, 18 Juli 2018 |
Kesehatan - News Gallery

Gejala Awal Kanker Payudara Tak Selalu Berupa Benjolan

Jumat, 29 Sept 2017 | 00:02 WIB Dibaca: 251 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Setelah meluncurkan kampanye untuk mengedukasi wanita mengenai kanker payudara, perusahaan kosmetik Avon kemudian menemukan jumlah yang mengkhawatiran dari wanita yang tidak mengetahui tanda awal kanker payudara.

Terungkap bahwa kurang dari setengah, 42 persen, merasa percaya diri bahwa mereka tahu apa perubahan yang harus diwaspadai pada payudara mereka. Dan, seperempat wanita berpikir bahwa benjolan adalah satu-satunya tanda.

Temuan ini didapat dari survei pada 19.000 wanita, yang diminta untuk menyebutkan 10 gejala umum kanker payudara. Ternyata hanya 2 persen saja yang bisa menyebutkannya.

Dan, meskipun sebanyak 73 persennya mengaku melakukan pemeriksaan rutin payudara mereka, sementara 60 persen mengatakan ragu datang ke dokter karena malu atau takut.

Selain itu, mayoritas wanita yang disurvei tersebut tidak menyadari bahwa pilihan gaya hidup mereka bisa membuat risiko mereka semakin besar.

Hampir dua per tiga wanita tidak mengetahui bahwa olahraga teratur bisa membantu melindungi dari kanker, sementara 63 persen tidak menyadari bahwa alkohol bisa meningkatkan risiko kanker.

"Deteksi dini sangat krusial untuk melawan kanker payudara, tapi survei kami menemukan bahwa wanita tidak mengetahui risiko mereka atau tanda apa yang perlu diwaspadai," kata Sheri McCoy, Direktur Eksekutif Avon.

Sementara itu, Dr Pau Gross, Presiden Penasihat Ilmiah Avon Foundation dan Direktur Riset Kanker Payudara di Massachusetts General Hospital mengatakan, data ini menunjukkan betapa masih besarnya pekerjaan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kesadaran akan kanker payudara.

Khususnya tanda-tanda, risiko, dan bagaimana harus bertindak atas kerpihatinan ini.

Lantas, apa saja tanda dan gejala yang harus Anda waspadai?

Para wanita disarankan untuk memeriksa payudaranya setiap bulan, di samping dari benjolan, tanda lain dari kanker payudara meliputi perubahan ukuran atau bentuk, ruam atau luka, puting copot, lekukan kulit, nyeri terus menerus atau perubahan pada tekstur kulit.

Begitu juga dengan pembengkakan di ketiak atau tulang selangka bisa menjadi indikator, serta pembuluh darah yang tumbuh atau puting payudara masuk. [viva]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Gejala Awal Kanker Payudara Tak Selalu Berupa Benjolan
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top