Kamis, 04 Juni 2020 |
News Room - Pendidikan

Gedung Baru Untirta Pakai Smart Building: Kelas Kosong, Lampu dan AC Mati Otomatis

Senin, 30 Sept 2019 | 14:27 WIB Dibaca: 2411 Pengunjung

Pembangunan gedung baru Untirta di Sindangsari, Kabupaten Serang. [net]*

SERANG, [NEWSmedia] - Pembangunan gedung baru Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) yang terletak di Sindangsari, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang Banten akan dilengkapi dengan sistem modern.

Demikian hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Eksekutif PIU ISDB Untirta, Agung Sudrajatd saat ditemui di Kampus A Untirta, Kota Serang, Senin, (30/09/2019).

"Sistem yang digunakan kampus Untirta tersebut adalah Smart Building atau bangunan yang menggunakan Building Automation System (BAS)" kata Agung kepada awak media.

Ia mengatakan, salah satu contoh dari sistem tersebut adalah jika penggunaan AC atau lampu akan terhubung dengan sistem, sehingga ketika kelas sudah kosong, maka AC atau lampu di ruangan itu akan mati secara otomatis.

"Semua gedung akan ada sensor jadi kalau mahasiswa sudah tidak ada di kelas, lampu dan AC akan mati sendiri," ujarnya. 

Tidak dengan asrama putra dan putri, asrama yang berkapasitas 300 orang tersebut tidak akan menggunakan AC atau tidak terhubung dengan Smart Building. 

"Untuk asrama itu tidak ada AC, kecuali ruang pengelolah asrama. Nanti kita akan sediakan,  karena mereka juga tinggal di sana," pungkasnya.  [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Gedung Baru Untirta Pakai Smart Building: Kelas Kosong, Lampu dan AC Mati Otomatis
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top