Selasa, 11 Desember 2018 |
News Gallery - Tekno

Gampangnya Rawat Rem Cakram, Cukup Pakai Air

Sabtu, 08 Des 2018 | 14:45 WIB Dibaca: 48 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Rem merupakan salah satu komponen vital pada kendaraan. Maka diperlukan perawatan ekstra agar pengoperasiannya berjalan maksimal.

Sebenarnya perawatan rem seperti pada piringan cakram sangatlah mudah. Ya, cukup dengan air. Diketahui piringan cakram kerap timbul suara berdecit bahkan alami kemacetan di area ini. 

Banyak penyebabnya, salah satunya adalah air hujan atau air kubangan yang mengendap dan membuat peranti tersebut terserang karat. Bersama air hujan dan kubangan, beragam kotoran ikut serta mengendap di peranti cakram.

Selain itu debu jalanan pun menjadi penyumbang kotornya peranti rem ini. Jika tidak segera dibersihkan, kotoran tadi membuat piringan cakram dan kampas rem menjadi tergores, parahnya, peranti ini macet. Demikian seperti dikutip situs resmi Honda, Kamis 6 Desember 2018.

Untuk menghindarinya, cukup menyiram atau menyemprotkan air bersih ke peranti cakram, utamanya area bersentuhannya kampas dan piringan, di bagian kaliper semprotkan dengan sedikit tekanan agar kotoran yang mengendap terangkat.

Lakukan hal tersebut terutama setelah motor digunakan dalam kondisi hujan atau melintasi kubangan air.  [viva]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Gampangnya Rawat Rem Cakram, Cukup Pakai Air

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top