Jumat, 24 November 2017 |
News Room - Kesehatan

Gadis Asal Pandeglang Penderita Gizi Buruk Perlu Pertolongan

Sabtu, 15 Apr 2017 | 09:07 WIB Dibaca: 487 Pengunjung

Fitriyani (15) penderita gizi buruk, warga Kampung Talun, Desa Jiput, Kecamatan Jiput, Kabupaten Pandeglang, Jumat (14/4/2017)

PANDEGLANG, [NEWSmedia] - Sungguh malang nasib Fitriyani (15), warga Kampung Talun, Desa Jiput, Kecamatan Jiput, Pandeglang, semenjak umur 6 bulan menderita gizi buruk, dan saat ini hanya terbujur lemas karena lumpuh total.

Meskipun sudah berumur 15 tahun, dari umur 6 bulan gadis malang ini selalu di atas kasur. Ia hanya ditemani oleh bapaknya, Otoh Suryadi dan kedua adiknya yang masih duduk di sekolah dasar. Namun, karena didiagnosa kekurangan gizi, pada umur 6 sampai 8 bulan anaknya mulai sakit dan lumpuh sampai sekarang.

"Dari situ, umur 6 sampai 8 bulan mulai sakit. Kena gizi buruk sampai sekarang. Umur sekarang sudah 15 tahun," kata Otoh Suryadi saat ditemui di rumahnya Jumat (14/4/2017).

Fitri sebetulnya sudah diupayakan untuk mendapatkan pengobatan. Terakhir, keluarga membawa Fitri untuk berobat ke Rumah Sakit Umum di Kabupaten Pandeglang. Dari keterangan dokter sewaktu terakhir di bawa ke rumah sakit, Otoh mengatakan anaknya didiagnosa mengalami komplikasi. Gizi buruk yang sudah menahun lama kelamaan menggerogoti tubuh Fitri. Kedua kakinya sekarang bahkan dalam kondisi menyilang, keras dan lumpuh total.

"Sampai sekarang enggak sembuh-sembuh. BPJS mah punya, cuma kata dokter sudah komplikasi. Makanya di sini saja, ada mantri yang mengontrol setiap hari," ujarnya.

Beberapa tahun lalu Fitri pernah dibawa ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo di Jakarta. Saat itu anaknya sempat dirawat 13 hari, namun kondisi Fitri tidak kunjung sembuh. Bencana lain kemudian muncul, Suaebah istri Otoh dan juga ibu dari Fitri meninggal karena kanker payudara akut.

"Kalau enggak sabar udah jenuh, saya sudah nyare'at (berusaha) ke mana-mana," ucap Otoh.

Otoh mengatakan bahwa ia pernah mendapatkan janji dari Bupati Pandeglang yang akan memberikan bantuan, namun hingga saat ini janji tersebut tidak pernah terealisasi. [dtc]

Penulis: Dtc
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Gadis Asal Pandeglang Penderita Gizi Buruk Perlu Pertolongan
Top