Sabtu, 26 September 2020 |
News Room

FKPT Ingatkan Guru Agama di Pandeglang Tentang Bahaya Radikalisme dan Terorisme

Kamis, 06 Agt 2020 | 16:35 WIB Dibaca: 452 Pengunjung

FKPT Ingatkan Guru Agama di Pandeglang Tentang Bahaya Radikalisme dan Terorisme.*

PANDEGLANG, [NEWSmedia] - Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Banten menghimpun guru-guru agama di Kabupaten Pandeglang untuk diberikan pemahaman tentang potensi dan dampak penyebaran paham radikal dan terorisme, Kamis (6/8/2020).

Kegiatan yang bertajuk Internalisasi Nilai-Nilai Agama dan Budaya di Sekolah Dalam Menumbuhkan Moderasi Beragama bertujuan menumbuhkan budaya damai di lingkungan sekolah untuk menciptakan moderasi antarumat beragama. 

"Mari sama-sama proaktif dalam melakukan upaya pencegahan radikalisme dan terorsime, salah satunya adalah meningkatkan pemahaman agama dengan benar, guru yang tepat dan lingkungan yang tepat," kata Ketua FKPT Banten Amas Tadjuddin dalam sambutanya.

Sementara Inspektur BNPT RI, Buntoro yang hadir untuk membuka secara resmi kegiatan tersebut mengingatkan pentingnya semua masyarakat dalam upaya merawat perdamaian antar umat beragama.

"Radikalisme beragama hanya akan memantik kerenggangan hubungan harmonis, yang pada ujungnya berpotensi menjadi aksi terorisme. Bapak dan Ibu mungkin perlu belajar dari Timur Tengah dan dapat kita lihat saat ini hancur karena radikalisme," kata Buntoro. 
 
Mantan auditor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tersebut menambahkan, guru berperan penting mengajarkan kepada anak didiknya tentang perdamaian sedini mungkin.

"Anak didik perlu diajarkan tentang cara mencintai sesama manusia, menghargai perbedaan, toleransi kepada yang berlainan keyakinan, dan menjalankan ajaran agama sesuai keyakinan tanpa mengusik keyakinan orang lain," terangnya.

Ia mengutip pernyataan Kepala BNPT, Komisaris Jenderal Boy Rafli Amar,  bahwa di tengah pandemi Covid-19 masyarakat perlu mewaspadai 2 (dua) virus yang sama-sama mematikan, yaitu Corona dan Radikalisme.

"Jangan sampai kita yang sudah merasakan kesulitan ekonomi dan ancaman kesehatan akibat corona, harus merasa terancam pula oleh terorisme," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

FKPT Ingatkan Guru Agama di Pandeglang Tentang Bahaya Radikalisme dan Terorisme
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top