Senin, 10 Agustus 2020 |
News Room - Highlight

Film Jawara Ciomas Angkat Kearifan Lokal Banten

Senin, 31 Okt 2016 | 21:39 WIB Dibaca: 3705 Pengunjung

Acara launching film 'Jawara Ciomas' di Gedung PGRI Pabuaran, Kabupaten Serang, Senin (31/10/2016),*

SERANG, [NEWSmedia] - Semangat para sineas di Banten untuk menciptakan sebuah karya terus menggeliat. Produksi-produksi film bertema budaya lokal menjadi garapan yang menjadi sebuah kekuatan untuk mempromosikan kearifak lokal di Banten.

Camp Entertaint, sebuah Komunitas Film Lokal Banten pada Senin (31/10/2016) me-launching film ‘Jawara Ciomas’. Ciomas merupakan nama salah satu kecamatan di wilayah Kabupaten Serang, Provinsi Banten yang dikenal oleh sebagian orang sebagai daerah Jawara.

“Film ‘Jawara Ciomas’ ini salah satu film yang memperkenalkan budaya dan kearifan lokal di Banten. Kami ingin menunjukkan bahwa anak Banten mampu menghasilkan kreasi dan karya di bidang perfilman," kata Sutradara Film ‘Jawara Ciomas’ Irfan Ernawan saat me-lauching filmnya di Gedung PGRI Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang.

Ia mengungkapkan, film ‘Jawara Ciomas’ ini diangkat untuk memperkenalkan budaya dan kearifan lokal di Banten. Selain itu, film ini juga memberikan penjelasan mengenai arti jawara yang sebenarnya.

“Selain kita mengangkat budaya dan kearifan lokal di Banten, kita ingin menjelaskan arti jawara yang sebenarnya. Bahwa, jawara itu bukan sosok yang menakutkan, tetapi ia adalah sosok panutan. Jadi jangan sampai masyarakat salah arti mengenai sosok jawara di Banten,” ujar Irfan didampingi Asisten Sutradara, Yusuf Maruf.

Tak hanya ini, film ini juga sebagai acuan bagi para sineas di daerah untuk terus membuat karya sekaligus untuk melestarikan budaya dan kearifan lokal di Banten. Tentunya, Irfan berharap film ini mampu bersaing dengan produksi perfilman lainnya secara nasional.

“Dengan begitu, nama Banten akan lebih terkenal dengan kearifan lokal dan budaya yang positif,” tuturnya.

Adapun tokoh-tokoh yang ditampilkan dalam film ‘Jawara Ciomas’ ini antara lain Ki Waseh sebagai pemeran utama, Ki Rancong sebagai sosok jawara antagonis, Ki Gede ebagai sosok Jawara dari Ciomas, Nyi Jarebah sebagai istri KI Waseh, Nyi Ageng sebagai istri Ki Gede.

Film ini juga melibatkan para santri di Pondok Pesantren Syifaul Mu'mini Ciomas dan beberapa pelajar dari SMA Negeri 1 Ciomas. [ifal]

Penulis: Syarifal Fahlevi
Editor: Arif Darma
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Film Jawara Ciomas Angkat Kearifan Lokal Banten
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top