Sabtu, 06 Juni 2020 |
News Gallery - Newstainment

Film Berbahasa 'Ngapak' Ini Terpilih Jadi Wakil Indonesia di Ajang Oscar

Kamis, 21 Sept 2017 | 11:07 WIB Dibaca: 805 Pengunjung

Cuplikan Film Turah.*

[NEWSmedia] - Selasa (19/9) kemarin, Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI) menggelar konferensi pers untuk mengumumkan film terpilih yang akan diikutsertakan di ajang Oscar mendatang (2018) untuk kategori Best Foreign Films. Christine Hakim dan tim mengumumkan bahwa film terpilih adalah "Turah" yang berhasil menyisihkan 130 judul lain. 

Menariknya, "Turah" merupakan film yang keseluruhannya menggunakan dialog berbahasa Tegal, dialek "ngapak". Menurut Christine Hakim, itulah nilai tambah film "Turah" yang memperlihatkan kejujuran dan kesederhanaan. serta memiliki pesan yang sangat kuat. 

"Salah satu kekuatan dari film ini adalah kejujuran dan kesederhanaan, entah itu dari segi tematik ataupun dari segi penggarapannya," jelasnya. "Film maker-nya dalam menyampaikan gagasan tidak ada pretensi untuk buat film yang genit atau kultural edukatif atau apa gitu. Pesannya kuat sekali film ini. Pemainnya memang tidak ada bintang terkenal tapi performance-nya luar biasa." 

Film "Turah" sendiri sudah ada sejak 2016 lalu. Film ini berkisah tentang orang-orang Kampung Tirang yang mentalnya dimanfaatkan oleh seorang sarjana penjilat bernama Pakel untuk mendapatkan keuntungan. Lihat trailernya di sini. [wk]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Film Berbahasa 'Ngapak' Ini Terpilih Jadi Wakil Indonesia di Ajang Oscar
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top