Minggu, 20 September 2020 |
News Room - Hukum

Fantastis! Kosmetik Ilegal Senilai 41,5 Miliar Diamankan di Tangerang

Selasa, 07 Agt 2018 | 15:04 WIB Dibaca: 698 Pengunjung

Press Release penemuan kosmetik ilegal di Halaman Badann POM di Kota Serang, Selasa (7/8/2018).*

SERANG, [NEWSmedia] - Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI) bersama dengan Polda Banten berhasil menggerebek tiga gudang kosmetik ilegal di kawasan pergudangan Surya Balaraja Barat, Kabupaten Tanggerang.

Dari hasil tersebut, BPOM RI menemukan bahan baku berupa bahan dasar krim, kemasan primer produk, produk kosmetik ilegal yang sudah kadaluarsa, serta produk jadi obat Tradisional ilegal yang mengandung bahan kimia obat (BKO).

"Ini penemuan yang terbesar, senilai 41,5 miliar rupiah," kata Kepala BPOM RI di Serang, Hendri Siswandi saat press reales di Halaman Balai POM di Kota Serang, Selasa, (07/08/2018).

Ia menjelaskan, barang ilegal itu terdiri dari 3.830 tong bahan baku berupa bahan dasar krim kosmetik, ribuan item produk jadi kosmetik ilegal yang sudah kadaluarsa dan ribuan obat tradisional yang mengandung BKO serta 148 rol bahan kemasaan primer kosmetik

"Temuan ini merupakan hasil pengembangan BPOM RI dari kasus temuan kosmetik ilegal di Jakarta yang berlokasi di kawasan Kapuk Muara Jakarta Utara," jelasnya.

Untuk diketahui, saat ini BPOM RI bersama Polda Banten telah mengamankan dua orang penjaga gudang untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, atas penemuan barang ilegal tersebut.

Jika terbukti, para pelaku akan dijerat pasal 196 dan 197 UU nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan dan pasal 62 UU no dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara serta denda sebesar 1,5 miliar rupiah, UU nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen dengan ancaman hukuman penjara maksimal 5 tahun serta denda 2 miliar rupiah. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Fantastis! Kosmetik Ilegal Senilai 41,5 Miliar Diamankan di Tangerang
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top