Rabu, 30 September 2020 |
Pariwisata - News Gallery

Fakta Menarik dan Unik Titik Teujung Indonesia di Pulau Sabang

Senin, 04 Des 2017 | 17:02 WIB Dibaca: 719 Pengunjung

Kilometer nol pulau sabang.*

[NEWSmedia] - Dengan segala keindahannya, Pulau Sabang menjadi destinasi wisata baru Indonesia yang perlu Anda jelajahi. Kota kecil yang berada di Pulau Weh, pulau paling ujung Indonesia ini punya banyak destinasi wisata menarik. Pulau Sabang sendiri dapat ditempuh sekitar 45 menit menggunakan kapal cepat dari pelabuhan Ulee Lheue.

Berikut beberapa fakta menarik seputar wisata Pulau Sabang.

1. Pantai yang masih alami

Pantai Sabang masih sangat alami dengan air laut yang sangat jernih. Setidaknya ada beberapa pantai yang bisa dikunjungi. Namun pantai yang paling populer dan menjadi rekomendasi adalah Pantai Rubiah, Pantai Gapang, dan Pantai Iboih yang terkenal dengan pemandangan bawah lautannya yang menawan.

2. Sate Gurita

Sebelum wisata Pulau Sabang terkenal, Sate Gurita Pak Jo sudah dikenal di kalangan traveler. Sate Gurita besutan Mukni Zein ini sangat digemari wisatawan karena dagingnya yang a lot dengan bumbu kacang dan kari yang lezat.

"Kita punya tiga cabang, satu di taman wisata kuliner di Kebun Merica, satu di Jalan Perdagangan, dan di Pantai Kasih," ungkap Mukni Zein yang merupakan generasi pertama sate gurita pak Jo.

Satu porsi sate gurita Pak Jo dibanderol dengan harga hanya Rp 20 ribu. Ada dua macam bumbu yang bisa dipilih, bumbu kacang dan bumbu padang.

3. Wisata Sabang

Makin Ramai Nabahani, guide wisata Sabang mengatakan, pariwisata Sabang makin menggeliat semenjak Aceh damai. Banyak guest house dan hotel mulai berdiri. "Sudah ada 4 hotel besar di sini, guest house sekitar 300 ribu per malam," ungkap Nahabani, pria asli Aceh. 

4. Durian Sabang

Jika Anda ingin berburu durian dengan harga miring di Sabang, Jalan O Sarapati tempatnya. Durian di tempat ini dijual hanya dengan harga berkisar Rp 20-30 ribu. Nabahani mengatakan, durian Sabang dipasok dari Sigli. Durian ini punya dua siklus masa panen, dua bulanan dan tiga bulanan. Jika sedang musimnya, satu durian Sabang bisa dijual dengan harga hanya Rp 10 ribu per buah.

5. Kilometer Nol

Kilometer Nol merupakan tugu yang dibangun untuk menandai titik mula wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tugu ini dibangun menyerupai menara globe dengan ornamen rencong pada 4 sisanya. Pada bagian atas menara terdapat Garuda Pancasila. Jika Anda mampir ke tempat ini, jangan lupa untuk mencicip rujak Aceh yang khas karena dibuat dengan buah Rumbia. [lpt]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Fakta Menarik dan Unik Titik Teujung Indonesia di Pulau Sabang
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top