Minggu, 05 Juli 2020 |
News Room

ESDM Bagi-Bagi 5.000 Konverter Kit Gratis Tahun Ini

Kamis, 26 Jan 2017 | 08:08 WIB Dibaca: 830 Pengunjung

Foto Ilustrasi

[NEWSmedia] - Kementerian ESDM berencana membagikan 5.000 konverter kit (CNG Converter) gratis untuk mobil dinas dan angkutan umum pada tahun ini. Ini dilakukan dalam rangka mendorong konversi bahan bakar minyak (BBM) ke bahan bakar gas (BBG).

"Ada pembagian konverter kit tahun ini, untuk 5.000 kendaraan. Itu untuk kendaraan dinas dan angkutan umum," kata Direktur Infrastruktur Migas Kementerian ESDM, Alimuddin Baso, saat ditemui di Graha CIMB Niaga, Jakarta, Rabu (25/1/2017).

Kota yang mendapatkan alokasi konverter kit di tahun ini di antaranya adalah Surabaya dan Balikpapan. Kedua kota tersebut memang diproyeksikan bakal menjadi 'kota gas' di Indonesia.

"Kita bagikan di antaranya ke Surabaya, Balikpapan," tuturnya.

Kota gas ialah kota yang sebagian besar rumah tangga dan transportasinya menggunakan energi gas bumi. Selain Surabaya dan Balikpapan, Tarakan, Prabumulih, Batam, dan Samarinda sebagai juga didorong menjadi kota gas.

Selain pembagian konverter kit, Alimuddin menambahkan, pihaknya juga terus membangun jaringan gas bumi ke rumah tangga. Kementerian ESDM telah menugaskan PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) dan PT Pertamina (Persero) untuk membangun sambungan gas bumi ke 56.000 rumah tangga dengan dana dari APBN 2017.

Sebanyak 26.000 sambungan gas akan dibangun oleh PGN, sisanya 30.000 sambungan dibangun oleh Pertamina. "Tahun ini kita bangun kurang lebih 56.000 sambungan gas rumah tangga," ucapnya.

56.000 sambungan gas rumah tangga itu akan dibangun di sejumlah kota. "Di antaranya di Bontang, Samarinda, Mojokerto, Pali, Bandar Lampung, Pekanbaru, Muara Enim," ujar Alimuddin.

Pada 2016 lalu, sebanyak 89.000 sambungan gas rumah tangga dibangun dengan dana APBN. 49.000 sambungan ditugaskan kepada PGN dan 40.000 sambungan ke Pertamina. Ada 6 kota yang mendapatkan sambungan gas pada 2016, yaitu Batam, Tarakan, Surabaya, Prabumulih, Cilegon, dan Balikpapan.

Dengan program-program tersebut, Alimuddin berharap penggunaan gas bumi semakin meluas dan dapat menekan impor BBM. Selain tak perlu diimpor, energi gas bumi juga lebih bersih dan efisien ketimbang minyak. [dtf]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

ESDM Bagi-Bagi 5.000 Konverter Kit Gratis Tahun Ini
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top