Sabtu, 17 November 2018 |
Pariwisata - News Gallery

Escape Room Konservasi Laut Pertama di Dunia Hadir di Bali

Sabtu, 16 Des 2017 | 17:10 WIB Dibaca: 423 Pengunjung

Escape Room di CTC Center for Marine Conservation.*

[NEWSmedia] - Jika Anda tengah berlibur di Bali dan mencari destinasi baru, tak ada salahnya jika berkunjung ke Coral Triangel Center. Ya, lembaga nirlaba itu kini membuat wahana permainan 'Escape Room SOS From the Deep' bertema konservasi laut. 

Lokasinya berada di CTC's Center for Marine Conservation yang terletak di Jalan Betngandang II Nomor 88-89 Sanur, Denpasar, Bali. Executive Director Coral Triangel Center (CTC), Rili Djohani menjelaskan, wahana permainan bertema 'pesan darurat dari ke dalaman laut' ini resmi diluncurkan hari ini. 

Permainan ini menghadirkan pengalaman interaktif, di mana tim yang terdiri dari dua sampai enam orang memasuki rung permainan simulasi yang menggambarkan dunia bawah laut. Agar dapat berpindah ke ruangan lain dan meloloskan diri, tim harus menyelesaikan beragam tugas untuk mendapatkan petunjuk dan akses menuju tahap selanjutnya," kata Rili, saat memberi keterangan resmi di CTC's Center for Marine Conservation.

Dengan menggunakan inisiatif, pemikiran kreatif dan kerja kelompok tim dituntut mampu mengerahkan keahlian berpacu melawan waktu untuk memecahkan teka-teki, serta mencapai pintu ke luar dalam waktu 60 menit. Ada empat ruangan dengan 15 teka-teki yang mesti kita pecahkan. 

"Teka-teki yang harus dipecahkan semua berkaitan dengan konservasi, ancaman dan solusi bagi konservasi terumbu karang. Kami memberi ruang edukasi tetapi ada senangnya dan bisa di-share foto," paparnya.

Escape Room SOS From The Deep merupakan rancangan karya CTC yang ditujukan bagi perlindungan ekosistem laut di Indonesia, dan seluruh wilayah segitiga terumbu karang. Wahana permainan ini tidak terbatas bagi siapa pun yang ingin mencobanya. Namun, untuk anak-anak usia 14 tahun dapat juga mengikutinya dengan didampingi orang dewasa.

"Wahana permainan ini didesain oleh CTC bekerja sama dengan desainer merek pemenang penghargaan kenamaan asal Belanda, Aram Leewu dan pakar ruang permainan anak escape room, Frank Kastelein.

Untuk menikmati wahana seru ini, Anda perlu merogoh kocek Rp100 ribu per orang jika membeli secara online. Jika langsung datang ke lokasi, Anda perlu merogoh kocek lebih dalam yakni Rp120 ribu per orang.

Dia mengutarakan, di dunia belum ada NGO yang mengelola escape room ini dengan tema pendidikan konservasi.

"Saya kira, kami satu-satunya di dunia. Kami berharap, bisa menjadi inspirasi bagi semua pihak untuk belajar konservasi. Kita berharap, anak muda dapat terlibat aktif dalam konservasi kelautan," ucapnya.  [viva]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Escape Room Konservasi Laut Pertama di Dunia Hadir di Bali

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top