Minggu, 18 Agustus 2019 |
Kesehatan - News Gallery

Enam Manfaat Air Dingin Untuk Tubuh

Sabtu, 29 Apr 2017 | 00:02 WIB Dibaca: 648 Pengunjung

Foto Ilustrasi

[NEWSmedia] - Air dingin atau air hangat keduanya memiliki manfaat untuk tubuh. Namun, air dingin selain menyegarkan ternyata juga punya manfaat seperti menurunkan kalori.

Berikut ini enam manfaat dari air dingin yang perlu Anda ketahui.

1. Membakar kalori

Air dingin meningkatkan metabolisme tubuh yang berperan untuk memproses kalori secara optimal. Manfaat lainnya, mandi dengan air dingin meningkatkan aktivitas lemak cokelat pada tubuh.

Sebuah penelitian menyebutkan cuaca dingin menyebabkan kenaikan zat lemak kecokelatan, terutama pada partisipan wanita. Hasil kenaikan zat lemak cokelat berpotensi mempengaruhi indeks massa tubuh (BMI).

2. Meningkatkan imun tubuh dan sirkulasi darah

Saat kita mandi ataupun minum dengan air dingin, hal ini meningkatkan sirkulasi darah menuju arteri. Sehingga efektif untuk jantung memompa darah ke seluruh tubuh.

Manfaat lainnya, air dingin menurunkan tekanan darah, membantu arteri yang tersumbat, dan peningkatkan imun tubuh. Penelitian dari Ceko juga menyebutkan, orang mandi dengan air dingin lebih dari tiga kali dalam seminggu dapat menambah sel darah putih untuk melawan infeksi.

3. Baik untuk kulit dan rambut

Air dingin mencegah kulit dari penyumbatan kotoran dalam pori-pori wajah dan rambut. Walaupun pori-pori dalam kulit dan rambut hanya dapat tertutup sementara. Namun aliran darah yang mengalir dengan cepat karena air dingin, membuat kulit dan rambut lebih sehat dan bersinar.

4. Membuat Anda lebih semangat

Air dingin mengaktifkan sensor dingin dalam kulit, itulah yang menyebabkan reaksi terkejut pada tubuh. Hal ini justru baik karena adanya peningkatan detak jantung lebih cepat. Peningkatan detak jantung ada hubungannya dengan perasaan ardenalin dan membuat kita menjadi lebih segar dan bersemangat.

5. Meringankan rasa sakit

Kehebatan air dingin mampu mengalihkan respon rasa sakit pada otak. Bisa dibilang air dingin punya efek analgesik atau efek menahan rasa sakit. Sebuah peneltian menyebutkan, partisipan yang mandi setelah olahraga berat dapat meringankan rasa nyeri pada otot.

6. Menghilangkan depresi dan stress

Stimulus dingin pada air menyebabkan kenaikan senyawa gluthathione dan mendorong respon kejut melalui saraf perifer ke otak. Sehingga menghasilkan efek antidepresif serta mengubah suasana hati. Itu sebabnya ketika berenang di air dingin, suasana hati kita menjadi senang termasuk saat menikmati es krim. [lpt]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Enam Manfaat Air Dingin Untuk Tubuh

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top