Selasa, 18 Februari 2020 |
News Room

Empat dari 11 TPI di Kabupaten Serang Tidak Aktif

Selasa, 08 Mei 2018 | 10:23 WIB Dibaca: 315 Pengunjung

Kasubag Tata Usaha TPI Dinas Kelautan Kabupaten Serang, Abdul Majid saat ditemui NEWSmedia di ruang kerjanya, Senin (7/5/2018).*

SERANG, [NEWSmedia] – Dinas Kelautan Kabupaten Serang menyebutkan, empat dari 11 Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Kabupaten Serang sudah tidak aktif, ke empat TPI tersebut yaitu TPI Tengkurak, TPI Tanara, TPI Domas dan TPI Pulopanjang. 

Kasubag Tata Usaha TPI Dinas Kelautan Kabupaten Serang, Abdul Majid mengatakan, secara keseluruhan, ada 11 TPI yang tersebar di beberapa tempat di Kabupaten Serang, yakni TPI Pasauran, TPI Anyer, TPI Terate, TPI Wadas, TPI Tengkurak, TPI Pulokali, TPI Domas, TPI Kepuh, TPI Lontar, TPI Tanara dan TPI Pulopanjang.

"Tapi empat di antaranya sudah tidak aktif. Aktif tidak aktif dilihat dari aktifitas TPI itu. Jadi kalau TPI-nya sudah tidak aktif banyak penyebabnya,” kata Majid saat ditemui NEWSmedia, di Dinas Kelautan Kabupaten Serang, Senin (7/5/2018).

Ia menjelaskan, salah satu penyebab tidak aktifnya TPI adalah pendangkalan muara, yang membuat kapal nelayan susah memasuki TPI, seperti yang terjadi di TPI Tengkurak.

“Lama-lama nggak ada kapal yang masuk, akhirnya tidak aktif. Kami juga sudah melakukan kajian di lapangan untuk melihat ketidak aktifan TPI,” jelasnya.

BACA JUGA: Sudah Lima Tahun, TPI di Kabupaten Serang Tak Beroperasi

Ia menuturkan, penyebab lainnya, TPI digunakan untuk kegiatan lain yang tidak jauh dari aktifitas kelautan. Bahkan ia mengklaim, tidak beroperasinya beberapa TPI tidak akan berdampak terhadap perekonomian masyarakat.

“Nelayan mencari ikan di laut dan nelayan bisa pindah ke TPI lainnya. Seperti ke TPI Lontar atau TPI Anyer,” ungkapnya. 

Ia juga menegaskan, TPI yang tidak aktif tersebut, tidak semata-mata ditutup begitu saja, namun masih ada langkah lainnya untuk membuat pelayanan.

“Seperti TPI Domas jadi tempat pendaratan hasil ikan, terus bisa saja ditanamkan rumput laut, TPI-nya dijadikan tempat menjemur, jadi tidak aktifnya TPI ini disebabkan alih fungsi. Misalnya TPI dijadikan tempat menjemur ikan tawar, rumput laut atau lainnya,” pungkasnya. [CR]

Penulis: Anton
Editor: Ahmad Hifni
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Empat dari 11 TPI di Kabupaten Serang Tidak Aktif
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top