Selasa, 04 Agustus 2020 |
Pariwisata

Eksplore Teluk Hijau Banyuwangi, Treking Hutan Tropis hingga Ukir Jejak Kaki di Pasir Putih

Selasa, 22 Nov 2016 | 17:05 WIB Dibaca: 963 Pengunjung

Teluk Hijau, Banyuwangi.*

[NEWSmedia] - Semilir angin laut tak henti membelai lembut rambut, belum lagi deburan ombak yang konstan terus menerus seolah bersahutan tiada henti. Tenang, suasana inilah yang akan Anda dapatkan saat menikmati waktu santai di Teluk Hijau, Banyuwangi. 

Kabupaten Banyuwangi adalah daerah terujung dari Pulau Jawa, tidak hanya menyimpan kekayaan tradisi dan budaya masyarakat lokal, Banyuwangi juga menyimpan banyak surga kecil yang tersembunyi.

Salah satu surga tersembunyi itu menyuguhkan pemandangan laut lepas dengan warna air hijau bening, hamparan pasir putih yang membentang sejauh mata memandang serta kucuran air terjun jernih di salah satu sudut tebingnya, adalah teluk hijau.

Untuk bisa sampai di Teluk Hijau ada beberapa alternatif transportasi yang bisa jadi pilihan. Dari pusat kota dibutuhkan waktu sekira 2 jam menggunakan kendaraan roda empat untuk sampai ke Pantai Rajegwesi. Dari pantai ini dibutuhkan perjalanan lagi untuk sampai di teluk hijau bisa lewat jalur laut atau jalur darat.

Jika memilih jalur laut maka Anda bisa menumpang kapal motor yang biasa disebut dengan sepit dan dikenakan biaya Rp35 ribu untuk pulang pergi. Selain itu ada juga transportasi darat dengan menumpang ojek sampai batas teluk damai, tarifnya Rp15 ribu untuk sekali jalan.

Alternatif lain yang juga bisa jadi pilihan sekaligus murah meriah ala backpacker adalah dengan berjalan kaki sejauh kurang lebih 2 kilometer.

Pilihan ketiga ini menelusuri jalan sejauh 2 km mata akan dimanjakan banyak pemandangan alam mulai dari pepohonan di sisi kanan dan kiri jalan, pemandangan teluk damai yang terlihat menenangkan, hamparan pantai batu yang eksotis serta bonus beberapa monyet dan burung liar yang sedang bercengkrama.

Letih menempuh perjalanan, Anda bisa sedikit beristirahat sambil menikmati semilir angin dan deburan ombak di pantai batu. Ya, pesisir pantai ini bukanlah berisi pasir putih melainkan batu. Lokasi ini juga bisa jadi spot foto yang instagramable dan eye catching.

Setidaknya membutuhkan waktu sekira 1,5 jam berjalan kaki untuk sampai di Teluk Hijau. Jalur yang dilewati cukup jelas namun kadang ada saja batu atau tanah yang terjal dan mengharuskan seluruh tubuh lebih waspada. Sebagai tips, kenakan sandal trekking agar perjalanan menjadi nyaman.

Belum lagi suara deburan ombak menerpa bebatuan karang di sisi teluk hijau. Tak sabar rasanya ingin segera melepas alas kaki dan berlari menikmati lembutnya pasir pantai yang putih dan bersih.

Air laut yang hijau tosca menjadi jawaban kenapa teluk ini dikenal dengan sebutan teluk hijau atau nama kerennya green bay. Bosan mengambil foto dengan latar pantai dan laut, jangan sedih karena di satu sudut teluk ini terdapat air terjun yang sangat memikat.

Pancuran air tawar dari tebing setinggi 8 meter ini langsung mengarah ke laut dan membuat aliran alami yang membuat mulut tak henti mengucap syukur. Air terjun ini juga bisa jadi spot keren untuk foto di galeri instagram Anda.[05]

Penulis: Okz
Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Eksplore Teluk Hijau Banyuwangi, Treking Hutan Tropis hingga Ukir Jejak Kaki di Pasir Putih
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top