Minggu, 24 Januari 2021 |
Kesehatan - News Gallery

Efek Buruk Bikin Mandul Jika Kebanyakan Minum Soda

Kamis, 18 Mei 2017 | 06:31 WIB Dibaca: 911 Pengunjung

Foto Ilustrasi

[NEWSmedia] - Di tengah gaya hidup seperti saat ini, minum soda adalah hal yang umum. Apalagi jika kamu sering mengonsumsi fast food.

Minum soda memang manis menyegarkan. Namun minuman ini bisa menjadi kabar buruk bagi kamu yang sedang merencanakan kehamilan. Sebab berlebihan minum soda bisa merusak kesuburan.

"Soda mengandung pemanis buatan, aspartam yang bisa mengganggu sistem endokrin dan menyebabkan ketidaksimbangan hormon, terutama pada wanita," terang Arvind Vaid, seorang ahli IVF di India.

"Kandungan asam fenilalanin dan aspartat dalam minuman bersoda bisa merangsang pembangkitan radikal bebas yang menyebabkan kematian sel. Dan karena sperma atau sel telur merupakan sebuah sel, maka bisa terjadi kematian sel saat kamu minum soda secara berlebihan," lanjutnya.

"Asam dalam minuman bersoda mampu mengubah tingkat pH tubuh. Hal ini dapat merugikan sel sperma yang menurunkan kualitas, bentuk, serta kuantitasnya."

Selain faktor tersebut, kandungan kafein serta fruktosa dalam soda dikenal sebagai vasokonstriktor yang bisa mengurangi aliran darah uterus yang kemudian mempengaruhi siklus menstruasi, hormon seks, reseptor hormon, dan kemudian menyebabkan infertilitas pada wanita.

"Karena soda kebanyakan ada di dalam kemasan plastik atau kaleng, kandungan BPA dalam kemasan ini juga patut diwaspadai karena bisa mengurangi kualitas air mani pria," tutupnya. [mdk]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Efek Buruk Bikin Mandul Jika Kebanyakan Minum Soda

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top