Minggu, 20 Oktober 2019 |
News Room

Dugaan Aliran Dana TCW ke Rano Karno Menguat

Jumat, 09 Des 2016 | 12:52 WIB Dibaca: 26424 Pengunjung

Foto Rano Karno bersama seorang wanita yang diketahui adalah Yayah Rodiah, bendahara Tb Chaeri Wardana. Foto ini beredar di media sosial. (Repro).*

SERANG, [NEWSmedia] - Dugaan aliran dana dari adik kandung mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, Tubagus Chaeri Wardana (TCW) alias Wawan kepada Gubernur Banten non-aktif Rano Karno semakin menguat. Hal itu menyusul beredarnya foto Rano Karno dengan Yayah Rodiah yang merupakan Bendahara PT Bali Pasific Pragama (BPP), perusahaan milik Wawan.

Belum diketahui pasti kapan dan di mana foto bersama tersebut diambil. Namun Rano terlihat santai dengan kaos oblong putih. Latar belakang foto tersebut terlihat seperti di sebuah rumah. Foto itupun sudah beredar di media sosial.

Namun, foto bersama Yayah Rodiah ini juga membantah pernyataan Rano Karno pada April 2014 kepada wartawan bahwa dirinya  tidak mengenal Yayah Rodiah.

Rano Karno mengatakan itu setelah sebelumnya Yayah Rodiah bersaksi di persidangan, mengungkap pernah memberikan sejumlah uang kepada Rano Karno atas perintah Wawan.

Menurut kuasa hukum TCW, Tb Sukatma, semua bukti pemberian uang dari Yayah ke Rano sudah diserahkan ke KPK.

“Dalam sidang di pengadilan sudah terungkap dari pernyataan Yayah Rodiah selaku saksi bahwa ada aliran uang ke Rano Karno. Semua bukti sudah diserahkan ke KPK,” kata Sukatma. 

Bahkan Sukatma juga mengaitkan dugaan aliran dana ke Rano Karno itu dengan pernyataan Ketua KPK Agus Rahardjo yang mengungkap akan ada kasus korupsi di Banten yang dibuka setelah Pilkada 2017.

Kasus korupsi yang dimaksud, kata Agus, melibatkan salah satu calon di Pilkada Banten 2017.

Simak: Pertanyakan Kasus Korupsi Calon di Pilkada Banten, WH akan Datangi KPK

Akhir November lalu, kabarnya Rano Karno dimintai keterangan oleh KPK. Pemanggilan tersebut kabarnya dilakukan di gedung baru KPK, dan tidak terendus oleh awak media.

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang pun tidak menampik hal tersebut. Namun, Saut belum mau mengungkap secara gamblang terkait penyidikan terhadap Rano Karno.

"Masih kita dalami lagi," kata Saut di Jakarta, Rabu (30/11/2016).

Kepada sejumlah wartawan, juru bicara Rano Karno, Dedy Ramanta yakin Rano tidak tidak terlibat dalam kasus di KPK.

“Saya yakin Rano Karno tidak terlibat dalam kasus korupsi yang sedang disasar KPK,” kata Dedy Ramanta kepada wartawan di Jakarta, pekan lalu.

Dedy malah menantang KPK untuk menindaklanjuti dugaan korupsi yang disebut menyeret kandidat di Pilgub Banten.

"Saya menganjurkan KPK segera melakukan pemeriksaan untuk membuktikan siapa yang diduga terlibat tindak pidana korupsi. Tidak perlu menunggu sampai selesai Pilkada," ujar politisi Partai NasDem ini. [nm/ld]

Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Dugaan Aliran Dana TCW ke Rano Karno Menguat

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top