Sabtu, 26 September 2020 |
News Room

Dubes AS Sambangi Ponpes Daar El Qolam Serang

Senin, 06 Feb 2017 | 16:25 WIB Dibaca: 1887 Pengunjung

Dubes AS saat mengunjungi Ponpes Daar El QOlam, Serang Banten.*

SERANG, [NEWSmedia] - Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Joseph R. Donovan Jr. mengunjungi Pondok Pesantren Daar el Qolam di Serang, Banten, Senin (6/2/2017). Kunjungan tersebut dimaksudkan sebagai salah satu upaya membangun hubungan antarmasyarakat AS dan Indonesia.

Dubes Donovan juga memanfaatkan agenda ini sebagai kesempatan untuk lebih mengenal budaya Indonesia. Donovan yang menggantikan Dubes AS sebelumnya, Robert O. Blake resmi menjabat sebagai perwakilan tertinggi AS di Indonesia sejak Desember 2016.

Ponpes Daar el Qolam dipilih karena merupakan salah satu ponpes terbesar di Jabodetabek dengan reputasi yang sangat baik. Ponpes Daar el Qolam juga memiliki beberapa tenaga pendidik yang lulus dari universitas-universitas di AS.

Dalam kuliah umum di Pondok Pesantren Daar el Qolam, Serang, Banten, Donovan, menekankan pentingnya toleransi yang menjadi kekuatan bangsa Indonesia. Kekuatan ini, menurut Donovan mirip dengan apa yang dimiliki AS. Dia mencontohkan bentuk toleransi dengan kisah keluarganya. Pejabat AS nomor satu di Indonesia ini memiliki sebuah keluarga multikultural yang lekat dengan perbedaan ras dan agama.

"Saya dibesarkan di keluarga Katolik. Istri saya berasal dari Taiwan dan merupakan seorang penganut Budha. Dua anak saya sekarang tinggal di AS. Jadi saya percaya toleransi dan saling menghormati adalah cara hidup yang luar biasa," ujarnya.

"Saya katakan kepada anak-anak saya: 'Kalian fifty British, fifty Taiwan, seratus persen AS," tambahnya.

Melalui kuliah umum itu Donovan juga menepis anggapan bahwa warga AS tidak toleran. Sebaliknya, dia mengatakan, hal itu sama sekali tidak benar.

"Kalau kalian dengar cerita tentang AS yang menyebutkan AS tidak toleran, coba ingat cerita saya. Cerita saya mirip dengan banyak jika bukan sebagian besar warga AS. AS seperti Indonesia banyak perbedaan (diversity) dan seperti Indonesia, toleransi adalah kekuatan kita," tegasnya. [okz]

Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Dubes AS Sambangi Ponpes Daar El Qolam Serang
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top