Selasa, 27 Juni 2017 |
News Room- Peristiwa

TKI Asal Serang Dianiaya Majikan di Arab Saudi

Senin, 20 Feb 2017 | 16:23 WIB
KTP Sopiyah, TKI yang disiksa oleh majikannya di Arab Saudi.*

SERANG, [NEWSmedia] - Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Serang, Banten, diduga telah menjadi korban kekerasan oleh majikannya di Arab Saudi. Korban baru menjadi TKI di Arab Saudi sejak 10 Januari 2017.

Sopiyah binti alm Hanafi (21) bersama Ibunya Aisyah (47) warga Kampung Lontar RT011/03, Desa Lontar, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang selama kurang lebih satu bulan berada di Algazm, Kota Riyadh, Arab Saudi. Sopiyah mengaku telah dianiaya oleh sang majikan yang bernama Abdullah dan adiknya Juzah binti Syakir.

Dugaan kekerasan terungkap setelah Sopiyah mengirim pesan singkat ke mantan kekasihnya, Hilman Mulyadi (44) warga Kampung Tembakang RT03/07, Desa Pulo Kencana, Kecamatan Pontang. Sopiyah menceritakan bahwa dirinya bukan saja dianiaya, namun juga akan dijual oleh sang majikan.

Sopiyah juga mengaku menyesal kepada pihak sponsor yang memberangkatkannya, karena dianggap tidak bertanggung jawab dan dianggap telah melakukan tindak penipuan.

"Iya dia itu kalau SMS sembunyi-sembunyi dari majikannya, katanya mau pulang, sudah tidak kuat dianiaya dan mau dijual Rp200 juta. Dia juga bilang sponsornya sudah menipu. Ibunya juga SMS mengaku menyesal," kata Hilman saat ditemui di Kota Serang, Senin (18/2/2017).

Menurut Hilman, Sopiyah dan Aisyahd ijanjikan oleh Saepul Aziz warga Kampung Bojongherang RT05/02, Desa Pamanuk, Kecamatan Carenang, Kabupaten Serang, untuk bekerja di Saudi Arabia. Namun visa yang dimiliki keduanya adalah visa kunjungan yang hanya berlaku selama 90 hari.

"Keduanya kan pakai visa kunjungan, artinya ilegal, hampir setiap hari mereka SMS ingin pulang aja karena kata sponsornya harus bayar Rp40 juta dulu," tuturnya.

Hilman pun mengaku akan melaporkan Saepul Aziz ke Polda Banten, dengan dugaan Human Trafficking atau perdagangan manusia. "Saya akan laporkan ini disertai bukti SMS Sopiyah dan ibunya," tutupnya. [vredo]

Penulis: Vredo Putra
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

TKI Asal Serang Dianiaya Majikan di Arab Saudi VIA FACEBOOK
TKI Asal Serang Dianiaya Majikan di Arab Saudi VIA DISQUS
Top