Senin, 18 Januari 2021 |
News Room - Hukum

Dua Pemuda di Kota Serang Diamankan Petugas Saat Meracik Miras Oplosan

Rabu, 02 Mei 2018 | 09:56 WIB Dibaca: 682 Pengunjung

Dua pemuda yang diamankan Sat Intelkam Polres Serang Kota di Mapolres Serang Kota, Selasa (1/5/2018) malam.*

SERANG, [NEWSmedia] - Satuan Intelijen dan Keamanan (Sat Intelkam) Polres Serang Kota berhasil mengamankan dua orang pemuda yang sedang meracik minuman keras jenis oplosan di kamar kostnya di Jalan Kitapa, Kelurahan Cimuncang, Kecamatan Serang, Kota Serang, Selasa (01/05/2018) malam.

Kabag Ops Polres Serang Kota, Kompol Abul Muhfhahir mengatakan, penangkapan tersebut berdasarkan laporan dari masyarakat yang merasa resah dengan peredaran minuman keras jenis oplosan yang beredar di Kota Serang.

"Kita amankan dua orang yang sedang meracik miras oplosan, inisial P (22) yang bertindak sebagai peracik miras dan S (21) yang mengedarkan miras itu ke beberapa tempat hiburan malam di Kota Serang," kata Mafahir di Mapolres Serang Kota.

Ia menjelaskan, berdasarkan keterangan sementara, pelaku meracik miras oplosan tersebut menggunakan  alkohol hasil vermentasi tebu yang dicampur dengan minuman perasa agar menyerupai miras yang selama ini beredar di tempat hiburan malam.

"Racikannya pun hanya sekedar memperkirakan saja tanpa ukuran yang jelas dan mereka tidak memikirkan dampak kesehatannya jika dikonsumsi oleh masyarakat, tujuan mereka mencari keuntungan yang banyak, marena dari satu botol miras yang dioplos, diperkirakan hanya bermodal Rp10.000 saja, dijual rata-rata Rp100.000 ke tempat hiburan malam, dan di tempat hiburan malam bisa dijual lagi dengan harga Rp300.000 sampai Rp500.000 perbotol kepada tamu yang datang," jelasnya.

Ia menegaskan, dari penangkapan tersebut, pihaknya berhasil mengamankan puluhan botol miras yang siap diedarkan di beberapa tempat hiburan malam di Kota Serang.

"Selanjutnya kita akan lakukan uji labolatorium ke Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) untuk mengetahui kandungan bahaya kesehatan dari miras oplosan itu, jika memang kandungannya membahayakan kesehatan. Pelaku akan kita jerat dengan undang-undang Kesehatan," tutup Abul.

Untuk diketahui, selain mengamankan dua peracik miras oplosan, dalam operasi Cipta Kondisi Kalimaya 2018 yang dilakukan pada hari selasa malam, petugas juga berhasil mengamankan dua orang lainnya yang mengirimkan miras ke tempat hiburan malam dengan menggunakan mobil angkot dan mengamankan sedikitnya 96 botol bir putih, 48 botol bir hitam dan 5 botol anggur buah. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Dua Pemuda di Kota Serang Diamankan Petugas Saat Meracik Miras Oplosan

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top