Selasa, 23 Oktober 2018 |
News Room - Pemerintahan

Dua Hektar Sawah di Kabupaten Serang Hilang?

Rabu, 11 Apr 2018 | 17:23 WIB Dibaca: 252 Pengunjung

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Serang, Dadang Hermawan saat ditemui pada acara Launching Beras Jawara di Desa Margasana, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang, Rabu (11/4/2018).*

SERANG, [NEWSmedia] - Sebanyak dua hektare lahan sawah yang ada di Kabupaten Serang hilang, dari data yang sebelumnya mencapai 50 hektare lebih, namun saat ini hanya berjumlah 48.100 hektare.

Demikian hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Serang, Dadang Hermawan saat ditemui pada acara Launching Beras Jawara di Desa Margasana, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang, Rabu (11/4/2018).

"Kalau dari luas sawah di angka 50 ribuan hektare lebih, tapi sekarang berdasarkan hasil terakhir, kita juga cek dari satelit ada sekitar 48.100 hektare luas area sawah di Kabupaten Serang," kata Dadang kepada awak media.

Ia menjelaskan, pihaknya tidak mengetahui terkait kehilangan dua hektare lahan persawahan tersebut, sebab menurutnya ada instansi terkait yang membidangi hal itu.

"Kalau maslah kekurangan itu kita kurang faham, karna kita di sini hanya dari sisi pemanfaatan lahan saja, adapun peralihan bisa dilihat oleh instansi yang punya kewenangan, perizinan misalnya, kalau kami kan hanya sisi pemanfaatan lahan untuk kepentingan pertaniannya saja," jelasnya.

Ia menuturkan, dari 48.100 hektare lahan persawahan yang masih ada tersebut, jumlah produktifitas pertanian berada di Wilayah Utara Kabupaten Serang dan Ciomas serta Padarincang.

"Yang utama pasarnya ada di Pantura Serang, Ciomas dan Padarincang juga cukup bagus, produktifitasnya diangka 5,6 ton per hektar," tuturnya.

Selain itu, ia juga menegaskan, dari seluruh area persawahan yang ada di Kabupaten Serang, jumlah produktifitas padi mencapai angka 80.000 ton setiap tahunnya.

"Kita kelebihan produksi mencapai 80.000 ton pertahun, ini kan bagus, tinggal persoalannya, agar kita bisa memberikan nilai tambah pada petani agar terus konsisten dengan hasilnya," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Dua Hektar Sawah di Kabupaten Serang Hilang?

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top