Senin, 28 Mei 2018 |
News Gallery - Tekno

Dua Fungsi Pentil Ban yang Masih Banyak Tak Diketahui

Kamis, 17 Mei 2018 | 13:01 WIB Dibaca: 495 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Kebanyakan pengguna sepeda motor hanya terpaku pada mesin saja. Mesin dianggap komponen satu-satunya yang penting untuk dijaga agar motor aman saat dikendarai.

Padahal tidak demikian, beberapa komponen kecil yang dianggap sepele justru memiliki fungsi vital bagi sepeda motor. Salah satunya tutup pentil (valve cap).

Asisten Manajer Technical Training PT Daya Adicipta Motora (DAM), distributor sepeda motor Honda Jawa Barat, Ade Rohman, mengatakan, tutup pentil berperan sangat penting bagi ban kendaraan.

Ade menjelaskan, terdapat dua fungsi utama tutup pentil yang masih jarang diketahui para pengendara motor. Fungsi pertama, yakni menjaga tekanan ban agar tidak mudah kempes.

"Fungsi tutup pentil yang pertama, ialah untuk menjaga tekanan di dalam ban agar tetap stabil (tidak mudah kempes). Sehingga nyaman digunakan," kata Ade.

Sedangkan fungsi lain yang tak kalah penting dijelaskan Ade, tutup pentil mampu mencegah kotoran masuk ke dalam ban. Hal tersebut mampu mencegah ban terhindar dari korosi.

Tutup pentil terdiri dari beberapa jenis, yakni plastik dan kedua dari bahan metal yang di dalamnya terdapat lapisan karet untuk menyumpal udara, kotoran hingga debu dan air agar tak masuk.

"Selain itu ada jenis tutup pentil yang memiliki indikator untuk memberitahu pengguna mengenai tekanan ban berkurang atau tidak." [viva]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

LAINNYA

Islampedia: Khasiat Kurma Selama Ramadhan
Senin, 28 Mei 2018 | 14:01 WIB
Islampedia: Khasiat Kurma Selama Ramadhan

KOMENTAR

Dua Fungsi Pentil Ban yang Masih Banyak Tak Diketahui
POLRES SERANG KOTA NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top