Kamis, 29 Oktober 2020 |
Pariwisata

Dua Ajang Berkelas Internasional Akan Ramaikan Bangka Belitung

Selasa, 28 Feb 2017 | 17:00 WIB Dibaca: 871 Pengunjung

MXGP Championship.*

[NEWSmedia] - Awal Maret dan April mendatang akan menjadi momentum penting bagi daerah Kepulauan Bangka Belitung untuk menarik lebih banyak wisatawan. 

Dua event sport tourism berkelas internasional akan segera diadakan di daerah dan dalam waktu berbeda, yaitu INDO MXGP Championship (4-5 Maret 2017) dan Sungailiat Triathlon 2017 (20-22 April 2017).

Pariwisata Provinsi Bangka Belitung yang dengan cepat populer di dalam negeri, kini terus berupaya untuk dilihat dunia dengan menyelenggarakan event olahraga bergengsi, yang tidak lepas dari upaya promosi pariwisata. Baik INDO MXGP Championship maupun Sungailiat Triathlon akan diselenggarakan masing-masing di Pangkal Pinang dan Sungailiat.

"Ini adalah di antara upaya untuk mengalihkan sektor industri ke pariwisata yang menjadi tulang punggung ekonomi di provinsi kami. Pariwisata Bangka Belitung pastinya akan lebih dikenal dengan penyelenggaraan event, baik nasional maupun internasional," ujar Rustam Effendi, Gubernur Bangka Belitung, saat konferensi pers, di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (27/2/2017).

Menteri Pariwisata, Arief Yahya sangat mengapresiasi penyelenggaraan event sport tourism internasional tersebut sebagai upaya mempromosikan potensi pariwisata dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Provinsi Bangka Belitung.

"Event sport tourism memberikan dampak langsung pada ekonomi masyarakat, serta mempunyai nilai pemberitaan yang tinggi sehingga menjadi sarana promosi efektif," kata Menpar Arief Yahya, pada kesempatan yang sama.

Arief menjelaskan, lebih dari 27 negara dipastikan akan mengikuti ajang INDO MNGP Championship sebagai salah satu kejuaraan olahraga motorcross bergengsi yang diikuti para pembalap terbaik dunia.

Indonesia terpilih menjadi salah satu negara dalam tur yang juga diadakan di 19 sirkuit terbaik Eropa Amerika Serikat, Qatar, Thailand, Malaysia, Argentina, dan Meksiko pada Februari hingga September.

"The MXGP World Championship merupakan showcase sempuma karena ditonton lebih dari 1,42 miliar pemirsa TV. Kita gunakan momentum ini sebagai ajang untuk mem-branding Wonderful Indonesia ke mancanegara," kata Arief Yahya.

Sementara itu, penyelenggaraan Sungailiat Triathlon 2017 ditargetkan akan diikuti 60 peserta dari berbagai provinsi di Indonesia dan mancanegara. Peningkatan peserta bahkan tercatat signifikan selama beberapa tahun belakangan, termasuk tahun ini, dengan 500 peserta yang telah terdaftar. Ini lebih besar dari jumlah di 2016 yang diikuti 428 peserta dari 9 negara.

Perlu diketahui, potensi pariwisata Bangka Belitung sebagai destinasi wisata telah membuatnya terpilih menjadi satu dari 10 Bali Baru di Indonesia per 2016, dengan fokus di Tanjung Kelayang yang telah ditetapkan oleh pemerintah sebagai destinasi prioritas.

Pangkal Pinang dipilih sebagai lokasi penyelenggaraan INDO MXGP Championship 2017 karena memiliki tekstur tanah yang berpasir yang cocok untuk sirkuit MXGP. Selain itu, lokasi tersebut merupakan satu-satunya venue yang berseberangan dengan pantai yang ditumbuhi resor dan hotel.

Sementara, daerah Sungailiat yang akan menyelenggarakan event triathlon kelima kalinya tahun ini masih menjadi favorit bagi para atlet triathlon karena keindahan alamnya, termasuk pantai yang akan dijadikan spot renang. Bagusnya jalan untuk lintasan sepeda, minimnya polusi dan keramaian, dan keramahan budaya di desa tersembut menjadi alasan Sungailiat digemari. [okz]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Dua Ajang Berkelas Internasional Akan Ramaikan Bangka Belitung

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top