Minggu, 27 Mei 2018 |
News Room

DPP APKLI Dorong Perda Tentang Pedagang Kaki Lima

Senin, 13 Nov 2017 | 14:47 WIB Dibaca: 490 Pengunjung

Ketua DPP APKLI, Ali Mahsun setelah bertemu dengan Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy di Kawasan Pusat Pemerintah Provinsi Banten (KP3B), Curug, Kota Serang, Senin (13/11/2017).*

SERANG, [NEWSmedia] - Ketua Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia (DPP APKLI), Ali Mahsun mengatakan, pihaknya menginginkan ada Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur tentang penataan dan pemberdayaan para pedagang kaki lima (PKL).

Menurutnya, keberadaan Perda yang mengatur tentang penataan dan pemberdayaan PKL, mutlak diperlukan sebagai landasan hukum yang dapat digunakan pemerintah daerah dalam mengatur dan memberdayakan para PKL tersebut.

“Tadi kami berdiskusi tentang perlunya dibuat semacam Perda yang dapat mengatur keberadaan para PKL. Dan Pak Wagub Alhamdulillah mendorong dan berjanji akan mengagendakan pengajuan Perda tersebut untuk dilakukan pembahasan nantinya bersama DPRD,” kata Ali setelah bertemu dengan Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy di Kantor Wakil Gubernur, KP3B, Curug, Kota Serang, Senin (13/11/2017).

Ia mengatakan, Perda yang dimaksud, nantinya tidak hanya mengatur tentang tempat PKL berdagang, tapi juga akan mengatur masalah waktu berdagang serta legalitas PKL di suatu daerah.

“Di Surabaya contohnya, Wali Kotanya membuat sebuar Perwal (peraturan Wali Kota-red) yang mengatur PKL boleh berdagang di ruas jalan pada jam-jam tertentu yang dikhusukan untuk para PKL. Nah, itu alih-alih membuat kota kumuh, justru malah jadi daya tarik wisatawan,” ujar Ali mencontohkan.

Sementara itu, Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy mengaku, pihaknya akan mendorong pembuatan Peraturan Daerah yang dapat mengatur keberadaan dan pemberdayaan pedagang kaki lima (PKL) di Banten.

“Jadi alih-alih diperangi, justru mereka (PKL-red) harus diberdayakan. Dengan Perda ini nanti akan kita mulai,” kata Andika.

Andika juga menegaskan, jika PKL sebagai sebuah solusi dari persoalan minimnya kesempatan kerja yang di Banten, dirinya mengaku sangat ingin para PKL di Banten dapat diberdayakan dan meraih kemajuan di bidang usaha.

“Kami nanti juga nanti akan bicara dengan pemerintah kabupaten/ kota di Banten secara lebih dalam tentang pemberdayaan PKL ini,” pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

DPP APKLI Dorong Perda Tentang Pedagang Kaki Lima

BERITA TERKAIT

POLRES SERANG KOTA NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top