Sabtu, 29 Februari 2020 |
News Room - Pemerintahan - News Adv

BPKAD Banten Sosialisasikan Pedoman Pelaksanaan Pengelolaan Bantuan Keuangan

Kamis, 30 Mar 2017 | 10:13 WIB Dibaca: 1165 Pengunjung

Kegiatan sosialisasi Peraturan Gubernur Nomor 20 Tahun 2017 tentang Pedoman Pengelolaan Bantuan Keuangan Provinsi Banten, di Aula BPKAD Provinsi Banten, Rabu (29/3/2017).

SERANG, [NEWSmedia] - Badan Pengelolaan Keuangan dan Arsip Daerah (BPKAD) Pemerintah Provinsi Banten, melakukan sosialisasi Peraturan Gubernur Nomor 20 Tahun 2017 tentang Pedoman Pengelolaan Bantuan Keuangan Provinsi Banten, kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Banten dan tingkat Kabupaten/Kota, di Aula BPKAD Provinsi Banten, Rabu (29/3/2017).

Kepala BPKAD Provinsi Banten, Nandy Mulya S mengatakan, tujuan diadakannya kegiatan itu untuk mensosialisasikan peraturan tersebut kepada OPD yang menangani masalah keuangan. Hal ini dilakukan karena Pergub yang sekarang berbeda dengan yang dahulu.

"Di Pergub ini ada aturan dan mekanisme yang berbeda, sekarang ada peraturan misal, untuk tahap satu dikasih bantuan triwulan satu sebesar 20 persen, nanti diminta pertanggungjawabannya, kalau pertanggungjawabannnya udah 70 persen, baru tahapan kedua dikasih, begitu juga selanjutnya. Jadi tidak langsung dikasih semua," kata Nandy setelah acara tersebut.

Dengan demikian, lanjut Nandy, jika terjadi sisa lebih anggaran pembiayaan (Silpa) dari anggaran keuangan tersebut, maka Silpa itu tidak masuk ke anggaran pemerintah kabupaten/kota, namun masuk kedalam Silpa Provinsi Banten.

"Seperti Pemerintah Kota Serang yang menolak bantuan keuangan dari provinsi, tapi kalau di APBD perubahan, nanti Silpa itu bisa digunakan untuk penggunaan yang lain. Kita tinggal menunggu di perubahan," katanya.

Ia juga menjelaskan, diberlakukannya Pergub tersebut guna mengantisipasi banyaknya Silpa yang terjadi di kabupaten/kota yang hingga saat ini belum dibuat laporannya.

"Pergub sekarang sudah langsung menjawab persoalan yang terjadi di tahun 2016 dan tahun-tahun sebelumnya, sekarang lebih tertata," pungkasnya. [Adv]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

LAINNYA

Grab Tanggapi Ratusan Ojek Online yang Demo
Sabtu, 29 Feb 2020 | 06:16 WIB
Grab Tanggapi Ratusan Ojek Online yang Demo
SMSI Raih Penghargaan MURI
Jumat, 28 Feb 2020 | 21:27 WIB
SMSI Raih Penghargaan MURI

KOMENTAR

BPKAD Banten Sosialisasikan Pedoman Pelaksanaan Pengelolaan Bantuan Keuangan
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top