Jumat, 10 April 2020 |
News Room - Banten Memilih

Download Nih! 5 Aplikasi Pilkada Banten Berbasis Android

Selasa, 10 Jan 2017 | 21:03 WIB Dibaca: 1271 Pengunjung

Pengumuman pemenang Pilkada Banten App Challenge 2016 di Kantor KPU Provinsi Banten, Selasa (10/1/2017).*

SERANG, [NEWSmedia] - Lima aplikasi berbasis Android terkait Pilkada Banten 2017 sudah tersedia. Aplikasi tersebut sebagai media sosialiasi resmi KPU Provinsi Banten yang memuat informasi tentang pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten 2017.

Lima aplikasi Android Pilkada Banten 2017 tersebut yakni Sedanten, Banten Memilih, Sitami, Games Maju-maju Pilkada Banten dan Debus. Semuanya bisa didownload di aplikasi Playstore pada Android.

Lima aplikasi itu merupakan aplikasi yang menjadi pemenang dalam lomba Pilkada Banten App Challenge 2016 yang diselenggarakan KPU Provinsi Banten bekerjasama dengan Perludem dan Universitas Multimedia Nusantara (UMN).

Lima aplikasi Pilkada Banten 2017 tersebut rata-rata memuat fitur sosialisasi dan ajakan untuk memilih Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten periode 2017-2022. Termasuk informasi soal data pemilih, dan profil

Berikut rincian dari lima aplikasi tersebut:

SEDANTEN (SUKSESKAN PILKADA BANTEN)

Aplikasi Sedanten yang menjadi juara I dalam lomba Pilkada Banten App Challenge memberikan informasi kepada pemilih berupa profil pasangan calon, informasi daftar pemilih, peta prediksi pasangan calon, Google Map terkait Pilkada Banten 2017, Permainan puzzle dan dua fitur disabilitas (font disleksia dan teks to speech).

BANTEN MEMILIH

Aplikasi Banten Memilih menjadi juara kedua. Aplikasi ini memiliki fitur informasi tanggal dan penghitungan mundur waktu Pilkada Banten 2017, tata cara pemberian suara, daftar DPS, panduan suara bagi penyandang disabilitas.

SITAMI (APLIKASI PINTAR MEMILIH)

Aplikasi ini dipilih menjadi juara ketiga, yang memiliki fitur unggulan, mulai dari sejarah Pemilu di Banten, Profil Cagub dan Cawagub Banten 2017, cek DPT online dan infografik.

GAMES MAJU-MAJU PILKADA BANTEN

Aplikasi juara harapan I ini berbentuk permainan. Tidak hanya menyenangkan, tetapi juga memiliki informasi terkait pelaksanaan Pilkada Banten, mulai dari visi dan misi cagub dan cawagub Banten hingga informasi-informasi menarik terkait pelaksanaan Pilkada Banten 2017.

DEBUS

Aplikasi Debus menjadi juara harapan II, memiliki fitur ‘meme’ para calon, berita, profil kandidat, dan informasi-informasi menarik terkait pelaksanaan Pilkada Banten 2017.

Diketahui, seluruh aplikasi Pilkada Banten tersebut dibuat untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilkada Banten 2017. Direktur Eksekutif Perludem, Titi Anggraini selaku panitia mengatakan, pihaknya telah menerima 51 pendaftar yang diseleksi menjadi 32 besar untuk masuk ke semi final.

“Dari 32 semifinal, kemudian dipilih 12 besar dalam babak final, dan akhirnya terpilih lima pemenang,” kata Titi. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Arif Darma
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Download Nih! 5 Aplikasi Pilkada Banten Berbasis Android
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top