Selasa, 13 April 2021 |
News Room

Dosen Unbaja Ikuti Pelatihan Klinik Penulisan Artikel Ilmiah Internasional 2019

Rabu, 07 Agt 2019 | 12:34 WIB Dibaca: 674 Pengunjung

Klinik Penulisan Artikel Ilmiah Internasional di Hotel Arch Kota Bogor. [ist]*

SERANG, [NEWSmedia] - Dosen Universitas Banten Jaya (Unbaja) turut mengmbil bagian pada kegiatan Klinik Penulisan Artikel Ilmiah Internasional tahun 2019 di Hotel Arch Kota Bogor.

Kehadiran dosen Unbaja pada kegiatan itu sebagai upaya pengayaan untuk lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas penulisan artikel ilmiah di Unbaja, khususnya di Fakultas Teknik.

"Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan peserta dalam menulis dan mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berupa artikel ilmiah yang berkualitas untuk mendorong peningkatan mutu pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi," kata Dosen Unbaja yang mengikuti pelatihan itu, Euis Amalia, Rabu (7/8/2019).

Tujuan khusus pelatihan itu, lanjut Euis setiap peserta diharapkan dapat meningkatkan pemahaman tentang kebijakan dasar filosofi, prinsip-prinsip dan prosedur publikasi hasil-hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam terbitan berkala ilmiah.

"Juga untuk meningkatkan pengetahuan dan akses ke terbitan berkala ilmiah terakreditasi internasional," jelasnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Djuanda Bogor, Dede Kardaya yang menjadi narasumber dalam pelatihan itu mengatakan, pengembangan dan kemampuan menulis dosen menjadi satu tantangan dan permasalahan yang harus segera diatasi.

“Pengelolaan terbitan berskala ilmiah bukan merupakan pekerjaan yang mudah. Ada dua permasalahan umum yang dihadapi para pengelola terbitan berskala ilmiah yaitu ketersediaan naskah bermutu dan keberlanjutan pengelolaan terbitan berskala ilmiah”, kata Dede.

Dede juga menegaskan, pada umumnya para peneliti belum memiliki komitmen yang cukup untuk mempublikasikan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat melalui terbitan berskala ilmiah.

"Motivasi melakukan penelitian ini tidak diimbangi dengan tanggung jawab moral sebagai peneliti untuk menyebarluaskan penelitian yang sangat berguna bagi masyarakat luas baik untuk kepentingan praktis maupun pengembangan teoritis," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Dosen Unbaja Ikuti Pelatihan Klinik Penulisan Artikel Ilmiah Internasional 2019
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top