Senin, 21 Mei 2018 |
Highlight - Internasional

Donald Trump Terpilih Jadi Presiden AS, Ini Kata Jokowi

Rabu, 09 Nov 2016 | 17:46 WIB Dibaca: 1064 Pengunjung

Donald Trump, Presiden AS terpilih.*

JAKARTA, [NEWSmedia] - Perhitungan hasil Pilpres AS 2016 yang dilaksanakan sejak Selasa 8 November 2016 mencatat kemenangan untuk Donald Trump. Kandidat Presiden Amerika Serikat dari partai Republic itu mengungguli pesaingnya Hillary Clinton.

Seperti dikutip dari Guardian, Rabu (9/11/2016), Trump tercatat meraih 137 electoral vote, dari 270 yang disyaratkan. Sementara rivalnya, Hillary Clinton tertinggal dengan angka 104 electoral vote.

Versi berbeda diungkapkan oleh CNN. Trump mendapat 136, sedangkan Hillary Clinton 104 electoral vote. Sementara Fox News mencatat, 147 untuk Trump dan 109 untuk Hillary Clinton.

Hillary yang merupakan mantan Menlu AS itu tercatat menguasai New York, sedangkan Trump merajai Texas, yang diketahui menjadi basis suara tradisional Republik. 

Kabar hasil Pemilu AS telah santer dan menjadi trending topic dunia, termasuk di Indonesia. Presiden RI Joko Widodo menyakini bahwa siapapun pemimpin baru Amerika Serikat tidak akan berpengaruh terhadap hubungan baik Indonesia dan Amerika Serikat.

“Hubungan kita tetap akan baik, terutama hubungan dagang dan investasi. Kita tahu Amerika termasuk investor lima besar di Indonesia. Saya kira tidak akan ada perubahan,” kata presiden Jokowi sebelum hasil pemilu AS diumumkan.

Sementara melalui pidato kemenangannya, Donald Trump menyatakan bahwa hasil Pemilu AS menjadi catatan bagi dirinya untuk mempersatukan seluruh warga AS.

“Saya berikrar kepada setiap warga dari tanah air kita, bahwa saya akan menjadi presiden bagi setiap orang Amerika. Dan itu sangat penting bagi saya. Bagi mereka yang yang memilih untuk tidak mendukung saya di masa lalu, ada beberapa, saya meminta Anda memberi petunjuk dan bantuan sehingga kita bisa bekerja sama dan menyatukan negeri kita,” tuturnya.

Di hadapan para pendukungnya, miliarder nyentrik yang memiliki bisnis di Indonesia ini pun berjanji akan menjadi presiden untuk seluruh warga AS. Ia juga mengaku sudah menerima telepon dari Hillary Clinton yang mengucapkan selamat atas hasil Pemilu AS.

“Hillary telah bekerja sangat keras selama masa yang panjang dan kita berhutang budi atas pengabdiannya untuk bangsa ini. Kini tiba waktunya Amerika untuk membalut luka akibat perpecahan. Saya sudah menerima telepon dari Menteri Clinton, yang mengucapkan selamat, pada kita semua,” tuturnya.

Perayaan kemenangan di kubu Partai Republik dimulai dengan pidato wakil presiden terpilih, Mike Pence. Lalu Trump masuk panggung, diiringi keluarganya. Ia peluk dan cium dan jabat tangan semuanya. [bbc]

Editor: Arif Darma
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Donald Trump Terpilih Jadi Presiden AS, Ini Kata Jokowi
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top