Rabu, 18 Juli 2018 |
News Room - Ekonomi

Dolar Naik, Harga Telur dan Daging Ayam di Kota Serang Ikut Naik

Jumat, 11 Mei 2018 | 13:05 WIB Dibaca: 326 Pengunjung

Dirjen Kementerian Perdagangan, Sri Agustina setelah sidak di Pasar Induk Rau, Kota Serang, Jumat (10/5/2018).*

SERANG, [NEWSmedia] - Harga telur dan daging ayam di Pasar Induk Rau, Kota Serang merangkak naik. Kenaikan tersebut disebabkan dolar yang menguat sehingga harga pakan ternak impor melambung tinggi.

Demikian hal tersebut diungkapkan oleh Dirjen Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Sri Agustina saat melakukan sidak di Pasar Induk Rau, Kota Serang, Jumat (10/5/2018).

“Telur ayam dan daging ayam ini bergerak naik. Mudah-mudahan harga ini tidak naik kembali. Tadi sudah saya cek. Kenaikan ini karena pakan ternak sedang naik,” kata Sri kepada awak media.

Ia mengatakan, kenaikan harga telur dan daging ayam di pasar tersebut sekitar Rp2.000 sampai Rp3.000. Sementara, harga telur ayam mencapai Rp25.000 per kilogram, sedangkan harga daging ayam potong Rp36.000 per kilogram dan ayam utuh seharga Rp32.000 per kilogram.

“Kenapa naik, karena kalau lihat kurs dolar, harga yang kita beli mahal,  dolarnya menguat, ini perlu kita kawal,” terangnya.

Selain itu, ia menjelaskan, ketersediaan bahan pangan sudah mencukupi sampai lebaran nanti, bahkan menurutnya, sejumlah bahan pangan mulai turun, seperti bawang putih yang berada di kisaran harga Rp28.000 per kilogram.

“Memang di pedagang kelihatan harga turun berangsur-angsur. Harapannya bawang putih bisa jauh lebih turun lagi,” jelasnya.

Ia juga menerangkan, harga gula pasir dan minyak curah di Pasar Induk Rau telah memenuhi harga eceran tertinggi (HET), yaitu Rp12.500 per liter untuk gula pasir dan Rp11.000 untuk minyak curah.

“Memang tadi ada yang berbeda-beda dari pedagang satu dengan pedagang yang lain. Itu harga trtasnasksional. Kita bisa menawar ke pedagang sekitar Rp500-Rp1.000,” pungkasnya. [CR]

Penulis: Anton
Editor: Ahmad Hifni
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Dolar Naik, Harga Telur dan Daging Ayam di Kota Serang Ikut Naik

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top