Sabtu, 20 Juli 2019 |
News Room

DKP Banten Tuding Pemda Penyebab Ketidak-Aktifan TPI di Kabupaten Serang

Rabu, 09 Mei 2018 | 09:34 WIB Dibaca: 182 Pengunjung

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten, Suyitno.*

SERANG, [NEWSmedia] – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Banten menegaskan, tempat pelelangan ikan (TPI) di Kabupaten Serang seharusnya dikelola oleh pemerintah setempat.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten Suyitno menyebutkan, dalam amanat Undang-undang nomir 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah, pengelolaan TPI tersebut dikelola oleh kabupaten/ kota, termasuk pengembangan TPI.

“TPI-TPI di Provinsi Banten semuanya dibangun oleh kabupaten/kota, kami nggak tahu bagaimana membangunnya. Sukses tidak sukses atau berjalan dan tidak berjalannya TPI adalah kabupaten/ kota,” kata Suyitno saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (8/5/2018).

Ia menjelaskan, selaku Pemerintahan Provinsi Banten, pihaknya hanya mengelola pelabuhan-pelabuhan yang ada di Banten, mulai dari pelabuhan pantai, pelabuhan nusantara sampai pelabuhan samudera.

“Sekelas pelabuhan dimulai dari TPI sampai dengan pelabuhan samudra itu kewenangannya provinsi, tetapi tergantung bagaimana dan siapa yang bangun. Contohnya TPI di Karangantu, itu yang bangun pusat. TPI Labuan dulu di Pandeglang, karena naik status menjadi pelabuhan, itu kewenangannya provinsi,” jelasnya.

BACA JUGA: Empat dari 11 TPI di Kabupaten Serang Tidak Aktif

Di tempat terpisah, Kasubag Tata Usaha TPI Dinas Kelautan Kabupaten Serang, Abdul Majid mengatakan, aset TPI seharusnya diserahkan oleh Pemerintah Provinsi Banten. Namun, hingga saat ini, pihaknya belum menerima aset tersebut.

“Nanti welcome-nya Pak Sekda. Kalau Kabupaten itu hanya pengelolaan saja. Misal ada orang datang, lelang. Tapi pengembangan TPI itu kewenangannya Provinsi, kami pasif saja, maksudnya, sesuai amanat UU 23 Tahun 2014 apabila Provinsi mau mengambil aset TPI, silakan. Tapi jangan pilih-pilih. TPI yang maju diambil sama provinsi, sedangkan yang jelek-jeleknya dibiarkan. Harusnya semuanya diambil alih,” terangnya.

Selain itu, ia juga mengatakan, sejauh ini, Pemerintahan Provinsi Banten telah melakukan kajian sebanyak empat hingga lima TPI di Banten yang rencananya akan dijadikan pelabuhan nusantara.

“Mereka (Provinsi-red) baru mendata saja,” pungkasnya, singkat. [CR]

Penulis: Anton
Editor: Ahmad Hifni
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

DKP Banten Tuding Pemda Penyebab Ketidak-Aktifan TPI di Kabupaten Serang
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top