Selasa, 19 Desember 2017 |
News Room - Hukum

Divonis 2 Tahun, Ahok Dijebloskan ke Rutan Cipinang

Selasa, 09 Mei 2017 | 13:24 WIB Dibaca: 731 Pengunjung

Ahok saat mendengarkan putusan hakim, di auditorium Kementan, Jl RM Harsono, Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (9/5/2017).

JAKARTA, [NEWSmedia] - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) akhirnya divonis 2 tahun penjara. Ahok dinyatakan terbukti bersalah melakukan penodaan agama karena pernyataan soal Surat Al-Maidah 51 saat berkunjung ke Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu.

"Menyatakan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana melakukan penodaan agama," kata hakim ketua Dwiarso Budi Santiarto membacakan amar putusan dalam sidang Ahok di auditorium Kementan, Jl RM Harsono, Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (9/5/2017).

Kalimat Ahok yang dinyatakan menodai agama adalah "Jadi jangan percaya sama orang, kan bisa saja dalam hati kecil Bapak-Ibu nggak bisa pilih saya ya kan? dibohongi pakai Surat Al-Maidah 51, macam-macam itu. Itu hak Bapak-Ibu ya. Jadi kalau Bapak-Ibu perasaan enggak bisa kepilih nih, karena saya takut masuk neraka karena dibodohin gitu ya, nggak apa-apa."

"Dari ucapan tersebut, terdakwa telah menganggap Surat Al-Maidah adalah alat untuk membohongi umat atau masyarakat atau Surat Al-Maidah 51 sebagai sumber kebohongan dan dengan adanya anggapan demikian, maka menurut pengadilan, terdakwa telah merendahkan dan menghina Surat Al-Maidah ayat 51," papar hakim dalam pertimbangan hukum.

Ketua tim jaksa penuntut umum Ali Mukartono menegaskan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) langsung ditahan usai divonis 2 tahun penjara atas kasus penodaan agama. Ahok saat ini menjalani proses administrasi di Rutan Cipinang.

"Jadi bukan eksekusi, tetapi pelaksanaan penetapan hakim yang ada dalam putusan tadi," ujar Ali Mukartono.

Menurut jaksa, Ahok langsung dibawa usai persidangan ke Cipinang. Jaksa menegaskan tidak ada tawar menawar terkait penahanan Ahok.

"(Perintah hakim) langsung dilaksanakan tidak ada tawar-menawar. Karena tahanan, dia bukan eksekusi bukan napi, jadi masih tahanan di Rutan Cipinang.

Ahok tiba ke Rutan Cipinang pukul 11.54 WIB. ia dibawa menggunakan kendaraan taktis barracuda.

Sebelum Ahok datang, petugas rutan dan polisi sudah lebih dulu bersiaga di lokasi. Petugas kepolisian mengenakan rompi anti peluru dan senjata laras panjang.

Ahok dibawa ke Rutan Cipinang sebagai bentuk tindak lanjut atas vonis 2 tahun penjara. Majelis hakim PN Jakarta Utara menyatakan Ahok bersalah melakukan penodaan agama.

Putusan itu belum berkekuatan hukum tetap. Ahok mengajukan banding atas vonis itu. [dtc]

Penulis: Dtc
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Divonis 2 Tahun, Ahok Dijebloskan ke Rutan Cipinang

BERITA TERKAIT

Top