Senin, 21 September 2020 |
News Room - Hukum

Dituduh Mencuri 69 Tandan Kelapa Sawit, Sarhadi Diancam 7 Tahun Penjara

Senin, 12 Jun 2017 | 15:28 WIB Dibaca: 927 Pengunjung

Sarhadi didampingi kuasa hukum saat sidang di PN Pandeglang, Senin (12/6/2017)

PANDEGLANG, [NEWSmedia] - Sarhadi alias Arkasim bin Wari (41), warga Kampung Cihanjuang, Kecamatan Cibaliung, Kabupaten Pandeglang terpaksa harus duduk di kursi pesakitan Pengadilan Negeri Pandeglang, karena diduga telah melakukan pencurian buah kelapa sawit, Senin, (12/6/2017).

Esa, salah seorang pemilik kebun sawit di Pandeglang melaporkan Sarhadi ke pihak berwajib karena dituduh telah mencuri 69 tandan kelapa sawit yang harganya ditaksir Rp2,5 juta lebih. Dan kasus tersebut sudah menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Pandeglang.

"Klien kami tidak sedang melakukan (mencuri), tetapi sedang berjalan kaki," kata Nandang Wirakusumah, Kuasa Hukum Sahardi saat ditemui di PN Pandeglang usai sidang.

Kuasa hukum menyayangkan tindakan pelapor yang diduga telah dihasut oleh Kepala Desa Cihanjuang untuk melaporkan Sarhadi, dengan dugaan pelanggaran Pidana Pasal 363 (1) yang merupakan pasal pencurian dengan pemberatan yang ancaman hukumannya dinaikkan menjadi maksimum 7 tahun.

"Pelapor ini kan dikompori oleh kepala desa nya untuk melapor, padahal klien kami tidak bersalah. Ini juga salah menerapkan pasal untuk menjerat klien kami, dalam Perma (Peraturan Mahkamah Agung) kerugian Rp2,5 juta sebetulnya tidak boleh ditahan," jelasnya.

Wira mengatakan bahwa kasus ini terkesan dipaksakan, sehingga dalam penerapan pasal tidak sesuai dengan seharusnya yaitu menerapkan pasal 364. Kendati demikian upaya musyawarah sudah dilakukan namun hati pemilik kebun terlalu dingin sehingga harus berlanjut pada proses persidangan.

"Sempat pra peradilan, kita mengupayakan fasilitas hak hukum. Ini sama saja bentuk kriminalisasi kepada petani. Wong 69 tandan itu jika kita hitung hanya Rp1,6 juta inikan sama saja dikriminalisasi," tuturnya. [Vredo]

Penulis: Vredo Putra
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Dituduh Mencuri 69 Tandan Kelapa Sawit, Sarhadi Diancam 7 Tahun Penjara

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top