Rabu, 23 Juni 2021 |
News Room

Diteken, Anggaran Bawaslu Kabupaten Serang di Pilkada 2020 Rp19,5 Miliar

Selasa, 15 Okt 2019 | 12:55 WIB Dibaca: 671 Pengunjung

Penandatanganan NPHD di Pendopo Bupati Serang, Senin (14/10/2019).*

SERANG – Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Serang menyetujui untuk anggaran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Serang sebesar Rp19,5 miliar.

Jumlah tersebut bertambah dari sebelumnya disetujui hanya Rp16,7 miliar, untuk tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Serang tahun 2020.

“Dari pengajuan bawaslu awalnya sembilan bulan kerja disetujui anggaran Rp16,7 miliar, kemudian kita hitung lagi ditambah masa kerja tiga bulan ditambah lagi Rp2,7 miliar, dari Rp16,7 menjadi Rp19,5 miliar,” kata Pandji, Senin (14/10/2019).

Pandji berharap, Bawaslu bisa menggunakan anggaran seefektif mungkin pada penyelenggaraan Pilkada bisa berjalan damai, aman serta bisa menghasilkan pemimpin yang baik untuk masyarakat Kabupaten Serang.

“Bulan November sudah masuk tahapan diawali tahapan pengumpulan dukungan beruapa KTP dari calon independen,” tuturnya.

Sementara Ketua Bawaslu Kabupaten Serang, Yadi mengatakan, penambahan anggaran berdasarkan yang diajukan awal hanya sembilan bulan kerja menjadi dua belas bulan kerja dikarenakan kesalahan dalam penghitungan.

“Angka (pengajuan awal) Rp5 miliar dengan rincian penambahan honor badan adhoc yang tadinya kita usulkan Rp2,2 juta untuk honor Ketua Panwascam dan anggota menyesuaikan dengan anggaran yang disampaikan Bawaslu RI, karena memang untuk Rp1,8 saya pikir cukup untuk honor ketua maka tambahan anggaran Rp2,7 miliar kita terima. Kalau dirinciannya Rp1,8 juta itu honor untuk ketua panwascam, kalua untuk anggota kurang dari itu,” kata Yadi kepada wartawan.

Jadi, lanjut Yadi, dari total Rp19,5 miliar untuk Bawaslu Kabupaten Serang sekitar 65 sampai 70 persen digunak untuk honor badan adhoc yang terbagi untuk Panwascam, Panitia Pengawas Desa (PPD), dan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS), Kepala Kesekretaritan Kecamatan, dan staff bagian pengawasan.

“Sedangkan untuk tahapan terdekat masih menunggu arahan dari Bawaslu RI, mudah-mudahan Desember bisa dimulai perekrutan badan adhoc. Karena untuk November sudah dimulai penghimpunan KTP calon independen,” pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Diteken, Anggaran Bawaslu Kabupaten Serang di Pilkada 2020 Rp19,5 Miliar
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top