Jumat, 23 Februari 2018 |
News Room

Distanak Banten akan Razia Pedagang Hewan Kurban Tanpa SKKH

Senin, 28 Agt 2017 | 13:14 WIB Dibaca: 510 Pengunjung

Kepala Distanak Provinsi Banten, Agus M Tauchid .*

SERANG, [NEWSmedia] - Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Provinsi Banten akan memeriksa kepemilikan surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) dari para pedagang hewan kurban. Jika tidak memiliki SKKH, pedagang dilarang menjual hewan kurban.

Kepala Distanak Provinsi Banten, Agus M Tauchid mengatakan, SKKH biasanya dikeluarkan oleh penjual hewan dari daerah asal pengirim hewan tersebut.

Pemerintah, kata Agus, akan menindak tegas para penjual hewan kurban yang tidak memiliki surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) tersebut.

"Kalau itu terjadi, kami akan bertindak tegas. Kami akan mulai dari lapak, siapa pemiliknya? mana SKKH nya? Karena kami juga ada kontak dengan pengirim dari daerah asalnya," kata Agus, Senin (28/8/2017).

Ia mengungkakan, tahapan penindakan bagi pedagang hewan kurban yang tidak mempunyai SKKH, diawali dengan peringatan.

"Kalau enggak ada, kami berikan jangka waktu. Jangan lewat satu minggu, harus segera selesaikan. Kita minta pelapak agar koordinasi dengan kabupaten kota setempat," jelasnya.

Menurut Agus, pihaknya beserta tim kesehatan hewan telah bergerak sejak tiga minggu lalu melakukan kroscek ke para pedagang hewan kurban untuk memastikan hewan-hewan kurban dalam keadaan sehat dan layak untuk dijadikan kurban pada Idul Adha.

"Termasuk juga cek poin di perbatasan, baik DKI, Jabar termasuk juga Sumatera. Intinya, pemerintah harus mampu memberikan kenyamanan kepada masyarakat bahwa hewan kurban yang dijual memenuhi kaidah syariah dan kaidah kesehatan hewan," tuturnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Arif Darma
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Distanak Banten akan Razia Pedagang Hewan Kurban Tanpa SKKH

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top