Senin, 30 Maret 2020 |
News Room - Pemerintahan

Disnakertrans: Pekerja Asing Ilegal Masuk ke Banten Lewat Jalur Laut

Senin, 26 Sept 2016 | 11:39 WIB Dibaca: 1111 Pengunjung

Kepala Disnakertrans Provinsi Banten, Alhamidi.*

SERANG, [NEWSmedia] – Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Banten, Alhamidi mengungkapkan, potensi masuknya tenaga kerja asing ilegal di wilayah Banten masih sangat tinggi. Jika ditemukan, pekerja asing tersebut akan langsung dideportasi dan perusahaan yang mempekerjakan akan diberi sanksi.

“Tenaga kerja ilegal itu pasti ada, ini harus dideportasi dan perusahaannya juga akan dikenakan sanksi,” kata Alhamidi usai dilantik menjadi Kepala Disnaktertrans Provinsi Banten oleh Gubernur Banten, Rano Karno di Pendopo Gubernur Banten, akhir pekan lalu.

Ia mengungkapkan, pihaknya akan bersikap tegas dalam menindak para pekerja asing yang masuk ke Banten, terlebih jika para WNA tersebut tidak memiliki surat resmi. Menurut Alhamidi, para tenaga kerja asing yang tidak memiliki dokumen resmi itu, umumnya diselundupkan lewat jalur laut, lantaran Banten memiliki garis pantai panjang yang mencapai kurang lebih 500 km.

“Peluang penyelundupan pasti ada, banyak jalur-jalur yang bisa dilalui oleh tenaga kerja ilegal, seperti udara, darat dan laut. Banten ini kan jalur pantainya mencapai kurang lebih 500 km, kemungkinan besar penyelundupan itu lewat laut,” ujar Alhamidi.

Salah satu upaya untuk meminimalisasi penyelundupan pekerja asing, Disnakertrans Provinsi Banten akan melakukan pengawasan intensif terhadap perusahaan yang disinyalir mempekerjakan tenaga kerja asing.

“Kita sudah bentuk tim pengawas orang asing, melibatkan bidang pengawasan dan bidang penempatan tenaga kerja,” ungkapnya.

Sementara itu, Gubernur Banten, Rano Karno mengakui belakangan ini banyak tenaga kerja asing ilegal yang masuk ke Banten. Ia berharap kepada Kadisnakertrans yang baru dilantik agar lebih meningkatkan fungsi pengawasan terhadap tenaga kerja  asing, terutama tenaga kerja asing yang tidak dilengkapi dengan dokumen yang sah.

“Kita tahu lah, belakangan ini tenaga kerja asing banyak yang masuk ke Banten. Tenaga kerja asing yang tidak punya dokumen kelengkapan harus disikapi, dan jangan sampai tenaga kerja  asing yang masuk ke Banten adalah tenaga kerja kasar yang tidak memiliki skill dan kemampuan,” tutur Rano. [Ahi/02]

Publisher: newsmedia.co.id
Bagikan:

KOMENTAR

Disnakertrans: Pekerja Asing Ilegal Masuk ke Banten Lewat Jalur Laut

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top