Sabtu, 06 Juni 2020 |
News Room

Disegel, Perkebunan Buah Naga di Kabupaten Serang Tetap Beroperasi

Rabu, 24 Jan 2018 | 10:50 WIB Dibaca: 520 Pengunjung

Salah satu pintu PT. AFM yang disegel oleh Satpol PP, Selasa (24/1/2018).*

SERANG, [NEWSmedia] - Meski telah disegel oleh Satpol PP pada 2 November 2017, PT. Agro Fruit Mandiri (AFM) yang bergerak di bidang perkebunan buah naga di Desa Tamansari, Kecamatan Baros, Kabupaten Serang tetap beroperasi.

Kepala Bidang Penanaman Modal Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Serang, Wawan ikhwanudin mengatakan, perusahaan perkebunan tersebut disegel, lantaran diduga telah melanggar Perda Nomor 5 Tahun 2013 tentang Gedung Bangunan dan Lingkungan.

"Memang dari pihak PT. Agro sudah memberikan berkas persyaratan, tapi itu izin prinsip dan itu sudah ada, yang belum ada itu izin pemanfaatan lahan," kata Wawan kepada awak media saat meninjau perkebun tersebut, Selasa (23/1/2018)

Ia menjelaskan, setelah ada izin prinsip dari perusahaan itu, pihaknya akan melakukan rapat untuk memberikan izin lokasi pemanfaatan lahan kepada perusahaan tersebut, sebab menurutnya, lahan yang digunakan itu merupakan milik pemerintah desa setempat.

"Setelah itu, kalau sudah disetujui, dalam satu atau dua hari kita akan berikan izinnya, izin lokasi pemanfaatan lahan, karena lahan yang digunakan punya Pemdes seluruhnya, kalau masalah operasional jadi kewenangan OPD lain," terangnya.

Sementara itu, Kabid PPUD Satpol-PP Kabupaten Serang, Ade Rusmanto, mengatakan, seharusnya setelah disegel, PT. AFM tidak boleh beroperasi, karena perusahaan tersebut sudah melanggar Perda Kabupaten Serang. 

"Kita biarin aja, mereka juga udah tau konsekuensi kalau buka segel. Melanggar sih kalau menurut saya, segel memang tidak ada yang dibuka, tapi kayanya dia (PT. AFM) buka pintu baru," kata Ade.

Meski demikian, lanjut Ade, pihaknya tidak bisa berbuat banyak, lantaran dirinya belum mendapat perintah dari pimpinan.

"Kita belum ada perintah dari pimpinan, kalau izin pemanfaatan lahan sudah selesai, kita akan buka segelnya," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Disegel, Perkebunan Buah Naga di Kabupaten Serang Tetap Beroperasi
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top