Rabu, 21 Oktober 2020 |
News Room - Politik

Pemungutan Suara Ulang Pilkada Banten di 15 TPS Kabupaten Tangerang Dijadwalkan Minggu

Jumat, 17 Feb 2017 | 13:30 WIB Dibaca: 1579 Pengunjung

Ketua KPU Provinsi Banten, Agus Supriyatna.*

SERANG, [NEWSmedia] - KPU dan Bawaslu Provinsi Banten memutuskan untuk melakukan pemungutan suara ulang (PSU) pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten di 15 tempat pemungutan suara (TPS) di Desa Babakan Asem, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang.

Pemungutan suara ulang dilakukan disebabkan karena adanya tindakan yang menyalahi prosedur oleh panitia pemungutan suara (PPS) yang membuka kotak suara setelah pemungutan suara tanpa disaksikan panitia pengawas dan saksi calon.

Keputusan PSU tersebut dilakukan setelah KPU Provinsi Banten melakukan rapat dengan Bawaslu Provinsi Banten, di Sekretariat Panwaslu Kota Tangerang, Kamis (16/2/2017).

“Hasil keputusan dari rapat adalah agar dilakukan pemungutan suara ulang,” ujar Ketua KPU Banten Agus Supriyatna, Jumat (17/2/2017).

Terkait teknis dan penentuan pelaksanaan PSU tersebut, kata Agus dilakukan setelah empat hari masa pemungutan suara. "Empat hari setelah pemungutan suara. Artinya bisa dilaksanakan pada hari Minggu," terang Agus.

Meski demikian, Agus memastikan proses pemungutan suara ulang tersebut tidak akan mengganggu tahapan rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kecamatan yang dijadwalkan sampai 22 Februari 2017.

"Kita enggak mau berandai-andai, sambil mendesain C6 ulang, termasuk formulir yang lainnya. Memang tidak sederhana, tapi kita harus melakukan itu," pungkasnya.

 

 

Sementara itu, Ketua Bawaslu Banten, Pramono U Tanthowi mengatakan, pelaksanaan pemungutan suara dilakukan pada hari libur atau hari yang diliburkan. Namun untuk pelaksanaannya, tergantung kesiapan dari KPU Banten.

"Kemungkinan kalau engga Sabtu atau Minggu, tergantung kesiapan KPU, karena mereka juga harus menyediakan surat suara, mengirim C6 lagi, membuat TPS, mengangkat KPPS lagi. Itu kan butuh waktu juga. Jadi kemungkinan hari Sabtu atau Minggu," katanya.

Pramono menjelaskan, potensi suara di 15 TPS yang akan melakukan PSU diperkirakan mencapai 7.000 sampai 8.000 suara. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Pemungutan Suara Ulang Pilkada Banten di 15 TPS Kabupaten Tangerang Dijadwalkan Minggu
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top