Minggu, 13 Juni 2021 |
News Room - Pemerintahan

Dinsos Banten Sediakan Obat dan Bantu Rehabilitasi ODGJ

Sabtu, 06 Mei 2017 | 16:05 WIB Dibaca: 1156 Pengunjung

Kepala Seksi Bidang RSPC Dinas Sosial Provinsi Banten, Endang.*

SERANG, [NEWSmedia] - Dinas Sosial Provinsi Banten memberikan perhatian khusus terhadap persoalan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Penanganan dilakukan dengan menyediakan obat hingga rehabilitasi.

Selama April 2017, Dinas Sosial Provinsi Banten menangani tiga warga Banten. Tiga ODGJ tersebut berasal dari Kabupaten Lebak dua orang, dan Kabupaten Pandeglang satu orang.

"Ketiganya memang dipasung waktu itu dan langsung kita bawa untuk direhabilitasi," kata Kepala Seksi Bidang RSPC Dinas Sosial Provinsi Banten Endang, Jumat (5/5/2017).

Ia mengatakan, ODGJ direhabilitasi sampai sembuh dan baru bisa dipulangkan. "ODGJ dari Kabupaten Tangerang sudah dipulangkan karena sudah sembuh," ungkapnya.

Menurut Endang, pihaknya bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Banten dan empat yayasan rehabilitasi untuk penanganan masalah ODGJ.

Setiap temuan ODGJ ditindaklanjuti Dinas Sosial dengan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk dilakukan pemeriksaan dan dilakukan rehabilitasi.

"Kita dengan Dinkes memantau dan melihat masyarakat yang mengalami ODGJ. Kita juga menyediakan pengobatan," kata Endang.

Menurut dia, selama Januari hingga April 2017, Dinas Sosial sudah menangani puluhan ODGJ. Mereka yang keluyuran masih banyak," tuturnya. [ildhan]

Penulis: Ildhan Firmansyah
Editor: Arif Darma
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Dinsos Banten Sediakan Obat dan Bantu Rehabilitasi ODGJ
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top