Selasa, 26 Mei 2020 |
News Room - Kesehatan

Dinkes Banten Alokasikan Rp126 Miliar untuk Program Berobat dengan KTP

Senin, 30 Jul 2018 | 14:14 WIB Dibaca: 514 Pengunjung

Kepala Dinas Kesehatan setelah senam di GOR Ciceri, Kota Serang, Minggu (29/7/2018) pagi.*

SERANG, [NEWSmedia] - Kepala Dinas Kesehatan, Sigit Wardojo mengatakan, tahun ini, pihaknya mengalokasikan anggaran sebanyak Rp126 miliar untuk program berobat bagi masyarakat Banten.

Menurutnya, berdasarkan instruksi Gubernur Banten, Wahidin Halim program berobat gratis dengan KTP tersebut harus diintegrasikan dengan program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

"Untuk tahun ini kita ada Rp36 M ditambah Rp90 M, berarti sekitar Rp126 miliar, tapi apakah terserap semua atau tidak, kita belum tahu, soalnya ini sudah di tengah jalan, tapi tahun depan mudah-mudahan pak gubernur setidaknya akan mengalokasikan sekitar 300 miliar untuk kesehatan masyarakat Banten," kata Sigit, Senin (30/7/2018).

Ia menjelaskan, dari sekitar 10 juta 400 penduduk Banten yang telah mempunyai e-KTP, baru 8 juta 500 atau setara dengan 82 persen penduduk yang telah tercover oleh BPJS Kesehatan.

"Masih ada 1,9 juta yang belum menjadi peserta BPJS Kesehatan, kita akan sisir, dari situ ada di antaranya misalkan orang yang mampu atau pegawai swasta yang belum diamankan oleh perusahaan ke BPJS, nanti kita dorong, sisialnya ditanggung oleh provinsi bersama kabupaten/kota," jelasnya.

Selain itu, ia juga menegaskan, saat ini, pihaknya sedang melakukan pendataan terhadap masyarakat Banten yang belum tercover BPJS Kesehatan tersebut.

"Sekarang sudah 86 ribu data yang kami serahakan ke BPJS Kesehatan untuk di-clean sheet biar engga overlap, nanti satu orang satu biar engga ada yang double, harapan kita tidak ada penduduk di Banten yang tidak tercover program JKN-KIS," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Dinkes Banten Alokasikan Rp126 Miliar untuk Program Berobat dengan KTP
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top