Jumat, 23 Oktober 2020 |
News Room - Politik - Banten Memilih

Dimyati-Yemmelia, Pasangan Bakal Calon Independen Tidak Jadi Maju di Pilgub Banten

Selasa, 13 Sept 2016 | 10:25 WIB Dibaca: 1824 Pengunjung

Pasangan Dimyati-Yemmelia melakukan jumpa pers di Media Center KPU Banten saat pendaftaran beberapa waktu lalu. (Dok: NEWSmedia)

SERANG, [NEWSmedia] – Pasangan Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten dari jalur perseorangan (independen) atas nama Achmad Dimyati Natakusumah-Yemmelia mundur dari pencalonan di Pilkada Banten 2017. Pasangan tersebut mengirimkan surat ke KPU Provinsi Banten, menyatakan tidak melanjutkan tahapan pencalonan.

Ketua Pokja Pencalonan KPU Provinsi Banten Syaeful Bahri mengatakan, pihaknya menerima surat dari seorang penghubung (Liaison officer) dari pihak Achmad Dimyati Natakusumah pada Selasa (13/9/2016) siang.

“Sekitar jam 11-an, LO-nya sendiri yang nganterin surat ke kita,” kata Syaeful Bahri ditemui di Kantor KPU Banten, Selasa (13/9/2016) sore.

Menurut Syaeful, surat yang berisi informasi bahwa pasangan Achmad Dimyati Natakusumah-Yemmelia tidak melanjutkan tahapan pencalonan tersebut, akan dirapatkan dengan para komisioner KPU Banten. “Kita hanya menerima, nanti dibahas, enggak mau komentar banyak dulu yah,” ucap Syaeful.

Dalam surat ‘pengunduran diri’ itu, tertuang poin-poin alasan mengapa pasangan Dimyati-Yemmelia menyatakan tidak melanjutkan tahapan, di antaranya karena pasangan tersebut merasa dizalimi karena 20 persen dukungan dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

Bahkan, dalam surat tersebut tertuang juga alasan karena banyaknya indikasi untuk menggagalkan calon perseorangan/independen pada Pilkada Banten 2017.

Ketika dikonfirmasi, Nurjanah selaku LO dari pasangan Achmad Dimyati Natakusumah-Yemmelia mengatakan, keputusan untuk tidak melanjutkan tahapan dilakukan atas kekecewaan pihaknya terhadap proses verifikasi administrasi data dukungan yang akan menjadi persyaratan pencalonan Dimyati-Yemmelia.

“Data kita, semakin ke sini, semakin tidak sesuai dengan hasil pendaftaran. Awalnya KPU menyatakan administrasi rapi, semua bagus, baik. Ternyata saat verifikasi ke bawah sampai PPS, penuh dengan kezoliman, banyak yang didesak untuk tidak mengakui datanya,” kata Nurjanah dihubungi NEWSmedia melalui telepon selulernya.

“Sebenarnya bisa saja kami melakukan perbaikan. Tapi untuk apa melakukan perbaikan, kalau memang ada upaya untuk ganjal mengganjal calon independen,” sambung Nurjanah, yang mengaku sudah memberikan keterangan kepada Panwaslu Kabupaten Pandeglang terkait adanya pengaduan pencatutan KTP warga untuk data dukungan pasangan Dimyati-Yemmelia.

Dengan pengunduran diri pasangan Dimyati-Yemelia, maka tersisa satu pasangan bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten dari jalur perseorangan yaitu Yayan Sofyan-Ratu Enong Mandala. Pasangan ini masih harus memperbaiki dan menambah data dukungan KTP yang pada verifikasi faktual banyak ditemukan dukungan tidak memenuhi syarat. [Ahi/01]

Publisher: newsmedia.co.id
Bagikan:

KOMENTAR

Dimyati-Yemmelia, Pasangan Bakal Calon Independen Tidak Jadi Maju di Pilgub Banten
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top