Kamis, 26 November 2020 |
News Room - Hukum

Dijanjikan Jadi ASN di Pemda Lebak, Tukang Ojek Ditipu Rp35 Juta

Rabu, 08 Feb 2017 | 15:33 WIB Dibaca: 912 Pengunjung

pelaku penipuan.*

LEBAK, [NEWSmedia] - Seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bekerja di UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan Kalanganyar, Lebak, digelandang oleh petugas Satreskrim Polres Lebak, Selasa (24/1/2017), karena diduga telah menipu seorang tukang ojek, yang dijanjikan akan menjadi ASN.

Tersangka berinisial 'D' ditangkap aparat sekitar pukul 10.00 WIB di rumah kontrakannya di Kampung Jaura, Muara Ciujung Timur, Kabupaten Lebak. 

'D' ditangkap berdasarkan laporan dari korban, yang merasa telah ditipu dengan modus akan dijanjikan pekerjaan dan diangkat menjadi ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lebak.

"Kita menerima laporan dari korban berinisial 'J' yang merasa telah ditipu oleh 'D' dengan dijanjikan akan menjadi ASN, namun harus menyerahkan uang tunai sebesar Rp35 juta," kata Kasat Reskrim Polres Lebak AKP Zamrul Aini. Rabu (8/2/2017).

Ia menerangkan, bahwa modus yang dilakukan oleh pelaku adalah dengan mendatangi korban yang sedang mengojek, lalu pelaku menawarkan pekerjaan kepada 'J' untuk menjadi ASN di Pemkab Lebak.

"Korban tertarik dan menyepakatinya. Karena tidak memiliki uang Rp35 juta, akhirnya korban memberikan uang muka sebesar Rp15 juta kepada pelaku dengan dua kali transaksi, pertama pada tanggal (28/11/2012) dan kedua tanggal (24/5/2015)," tuturnya.

Pada saat menerima uang, pelaku juga memperlihatkan surat Keputusan (SK) pengangkatan CPNS yang mana korban akan ditempatkan di kantor Disporabudpar Kabupaten Lebak. Dua minggu setelah penyerahan uang, tersangka memberikan seragam batik korpri berwarna hijau, agar korban memakainya pada saat pengambilan SK pengangkatan CPNS di Pendopo Pemkab Lebak.

"Ada enam korban yakni W, J, L, R, N, Y dimana dari keseluruhan tersangka berhasil meraup keuntungan Rp233 juta," ucapnya.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, pelaku akan dijerat pasal berlapis yakni pasal 372, 378 dan pasal 226 KUHP dengan ancaman dari tindak pidana tersebut yakni 7 tahun kurungan penjara. (Red)

Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Dijanjikan Jadi ASN di Pemda Lebak, Tukang Ojek Ditipu Rp35 Juta

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top