Kamis, 17 Oktober 2019 |
News Room - Pendidikan

DIjadikan Duta Persahabatan, Aktor Reza Rahadian Sebut Anak Indonesia Terancam Bahaya!

Senin, 20 Feb 2017 | 14:42 WIB Dibaca: 1485 Pengunjung

Reza Rahadian dan Pengurus YAPPIKA Action Aid, di SDN Panyabrangan, Desa Panyabrangan, Kecamatan Cikeusal Kabupaten Serang, Senin (23/2/2017). 

SERANG, [NEWSmedia] - Aktris terkenal, Reza Rahardian didaulat menjadi duta persahabatan #sekolahaman oleh YAPPIKA ActionAid di SDN Panyabrangan, Desa Panyabrangan, Kecamatan Cikeusal Kabupaten Serang, Senin (20/2/2017). 

Direktur YAPPIKA ActionAid, Fransisca Fitri mengatakan, program #sekolahaman merupakan salah satu upaya agar pemerintah dan masyarakat lebih memperhatikan persoalan sekolah rusak di Indonesia, dengan melakukan kajian kebijakan dan mendampingi komunitas sekolah, pihaknya bersama-sama memperjuangkan perbaikan sekolah melalui peningkatan anggaran dan perbaikan tata kelola dana perbaikan sekolah.

"Saat ini, program #SekolahAman dilaksanakan ditiga daerah, yaitu Kabupaten Serang, Kabupaten Bogor dan Kabupaten Kupang," kata Fitri saat jumpa pers di SDN Panyabrangan.

 

 

Ia mengatakan, dipilihnya Kabupaten Serang sebagai salah satu wilayah program tersebut karena kondisi sekolah yang rusak di Kabupaten Serang sangat parah, pada tahun 2016, satu dari tiga ruang kelas SD atau 1.406 ruang kelas dinyatakan rusak.

"Dari kebutuhan Rp109 Milyar untuk perbaikan ruang kelas yang rusak, Pemkab Serang hanya mengalokasikan Rp14 Milyar dalam APBD 2016," katanya.

Selain itu, lanjut Fitri, 60 persen dari ruang kelas SD yang ditargetkan akan diperbaiki pada tahun 2016, juga tidak terealisasi, akibatnya, anak-anak sekolah di Kabupaten Serang pun harus menunggu dalam ancaman bahaya, sebab sekolahnya masih rusak.

"Kami bekerjasama dengan Pattiro Banten telah berhasil telah berhasil membuat dua sekolah pendampingan, SDN Sampang dan SDN Periuk yang mendapat alokasi perbaikan masing-masing empat ruang kelas," jelasnya.

Sementara itu, Duta Persahabatan YAPPIKA ActionAid, Reza Rahardian mengatakan, dirinya memiliki visi dan misi untuk mendorong pemerintah daerah untuk beraksi, sebab menurutnya, pendidikan merupakan pilar bagi kemajuan generasi yang akan datang dan sekolah merupakan aset yang harus dijaga kelayakannya.

"Ini soal anak-anak Indonesia yang terancam bahaya karena ruang kelasnya yang rentan roboh, bantu kami untuk mewujudkan sekolah yang aman dan layak untuk mereka, kami juga mendorong Pemkab agar tidak sekedar wacana dan semoga bisa cepat direspon," pungkasnya. [Ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

DIjadikan Duta Persahabatan, Aktor Reza Rahadian Sebut Anak Indonesia Terancam Bahaya!
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top