Selasa, 13 April 2021 |
News Room - Peristiwa

Digerebek! 1 Ton Sabu akan Diselundupkan ke Taiwan Lewat Pantai Anyer

Kamis, 13 Jul 2017 | 10:19 WIB Dibaca: 1413 Pengunjung

Polisi dan barang bukti sabu yang diamankan dalam penyergapan di tepi pantai Anyer, Kamis (13/7/2017) dinihari. (Foto: Istimewa)

SERANG, [NEWSmedia] - Tim Gabungan Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya dan Polresta Depok berhasil menggagalkan upaya penyelundupan narkoba jenis sabu seberat 1 ton di kawasan Pantai Anyer, Kabupaten Serang, Banten, Kamis (15/7/2017) dinihari. Penyelundupan tersebut melibatkan empat warga negara Taiwan.

Informasi yang dihimpun NEWSmedia, penyergapan dilakukan di tepi pantai (eks dermaga) Hotel Mandalika, Jalan Raya Anyer, Kabupaten Serang, Banten. Penyergapan dipimpin Direktur Narkoba Polda Metro Jaya Kombes Pol Nico Afinta, Kapolresta Depok Kombes Herry Heryawan bersama Kombes Pol Made Astawa, AKBP Bambang Yudhantara, SIK, AKP Malvino Edward Yusticia dan AKP Rosana Albertina Labobar. Beberapa orang perwakiln kepolisian Taiwan juga ikut dalam penyergapan.

Hasilnya, ditemukan barang bukti sabu yang terbungkus di dalam 27 karung, yang dibawa di mobil Toyota Innova warna emas dan 24 karung di mobil Toyota Innova warna hitam. Masing-masing karung diperkirakan berisi sabu seberat 20 kilogram, dan berat seluruhnya diperkirakan mencapai 1.000 kg (1 ton). Kini, barang bukti diamankan di Mapolda Metro Jaya.

Dalam pengerebekan tersebut, polisi menyergap empat orang tersangka, namun seorang tewas ditembak karena berusaha melawan, sedangkan seorang lagi buron.

“Jumlah pelaku ada empat orang, satu tewas, dua ditangkap, dan satu masih buron,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono di Jakarta, Kamis (13/7/2017).

Tersangka pelaku yang tewas diketahui bernama Lin Ming Hui, sedangkan dua orang yang berhasil ditangkap hidup bernama Chen Wei Cyuan dan Liao Guan Yu. Sementara seorang pelaku yang masih buron diketahui bernama Hsu Yung Li.

"Ini jaringan internasional. Diduga narkoba dikirim dari Tiongkok," kata Argo, seraya mengatakan, penangkapan 1 ton sabu ini merupakan hadiah dari institusi kepolisian pada Hari Anti Narkoba Internasional yang jatuh pada 26 Juni lalu.

Sementara itu, seperti dilansir poskota.com, penyergapan dilakukan setelah sebelumnya Tim Gabungan Satgas Merah Putih Polri menerima informasi dari pihak Kepolisian Taiwan bahwa akan ada pengiriman narkoba jenis sabu dari Cina ke wilayah Indonesia.

“Dari informasi itu, tim melakukan penyelidikan selama dua bulan dan hasilnya terungkap, lalu pelaku yang merupakan WNA Taiwan kita amankan,” kata Kasat Narkoba Polresta Depok Kompol Kholis Putu Aryana. [lip/kum/ard]

Editor: Arif Darma
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Digerebek! 1 Ton Sabu akan Diselundupkan ke Taiwan Lewat Pantai Anyer
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top