Sabtu, 24 Agustus 2019 |
News Room - Hukum

Diduga Pekerjakan TKA Ilegal, Imigrasi Cilegon Sidak Dua Pabrik 

Rabu, 22 Mar 2017 | 16:54 WIB Dibaca: 647 Pengunjung

Timpora Imigrasi Kelas II Cilegon saat melakukan sidak TKA di Cilegon, Rabu (22/3/2017)

CILEGON, [NEWSmedia] - Inspeksi mendadak terhadap Tenaga Kerja Asing (TKA), kembali dilakukan oleh Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) Imigrasi Kelas II Cilegon. Tim Pora melakukan sidak lantaran mendapatkan informasi tentang keberadaan TKA ilegal di PT Hangtai dan PT Asahimas.

"Karena dari laporan masyarakat ada info warga negara Cina masak, makanya kita langsung sidak," kata Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Imigrasi Cilegon, Hendra Kurniawan, kepada wartawan di Kota Cilegon, Rabu (22/3/2017).

Saat sidak di PT Hangtai, Tim Pora menemukan dua orang tenaga kerja asing asal Tiongkok yang bekerja di perusahaan tersebut.
 
"Di PT Hangtai ditemukan dua orang pekerja asal Tiongkok, tetapi izinnya resmi dan lengkap, berlakunya sampai dengan 31 Maret. Jadi rencananya tanggal 31 Maret ini akan dipulangkan," ujar Hendra.

Sedangkan untuk keberadaan TKA di PT Asahimas Chemical ada 24 TKA yang tengah bekerja di perusahaan itu. "Sedangkan di PT Asahimas ada 24 TKA warga Taiwan, itu izinnya resmi juga dengan ijin tinggal terbatas," paparnya.

Hendra melanjutkan, TKA yang rata-rata berasal dari Tiongkok dan Taiwan itu semuanya tenaga kerja ahli dan bukan tenaga kerja kasar yang dilarang di Indonesia.

"Tenaga kerja ahli, karena mereka pemegang izin tinggal terbatas. Izin mempekerjakan tenaga kerja asing kan bukan tenaga kerja kasar tapi tenaga kerja ahli," kata dia.

Hendra mengatakan pihaknya akan terus melakukan pengawasan terhadap TKA yang ada di Cilegon, dengan menyisir asrama-asrama dan tempat tinggal yang ditengarai sebagai tempat tinggal TKA. [dtc]
 

Penulis: Dtc
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Diduga Pekerjakan TKA Ilegal, Imigrasi Cilegon Sidak Dua Pabrik 
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top