Senin, 23 September 2019 |
News Room - Peristiwa

Diduga dari Puntung Rokok, Lantai 6 Gedung Terpadu Pemprov Banten Terbakar

Jumat, 30 Agt 2019 | 21:35 WIB Dibaca: 270 Pengunjung

2 unit mobil Damkar bersiaga di depan Gedung Terpadu di KP3B, Kota Serang, Jumat (30/8/2019) malam.

SERANG, [NEWSmedia] - Tiga kursi di Gedung Terpadu milik Biro Organisasi Pemrov Banten di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) terbakar, Jumat (30/8/2019) sekitar pukul 19.10 WIB.

Menurut keterangan dari saksi mata, Harun menceritakan, dirinya pertama kali melihat kepulan asap saat keluar dari toilet yang ada di lantai enam gedung terpadu tersebut.

"Saya dari bawah naik ke lantai 6, masuk toilet, pas keluar toilet asap sudah banyak, api engga banyak cuma asap aja. Itu ruang Biro Administrasi, kejadian sekitar jam 7," kata Harun saat ditemui di lokasi.

Ia menjelaskan, setelah melihat kepulan asap tersebar, dirinya langsung meminta bantuan dan berusaha memadamkan api dengan Apar (alat pemadam kebakaran) dan air secara manual.

"Langsung nyari bantuan terus pintunya didobrak, kirsi aja yang kebakar, tapi sumber api kurang tau dari apa. Pemadaman api pakai apar 3 sama pakai air," jelasnya.

Sementara itu, Kabid Damkar Kabupaten Serang Tb. Maftuhi yang ada di lokasi kejadian menerangkan, pihaknya menduga api berasal dari human error atau percikan puntung rokok yang jatuh ke kursi.

"Kalau arus pendek, lampu masih nyala, kalau arus pendek otomatis listrik langsung padam, dugaan kedua human error atau kelalaian orang yang ada saat itu, apakah percikan rokok jatuh atau percikan titik api rokok yang jatuh di beberapa kirsi yang tadi, ada 3 kursi tapi asapnya lumayan," katanya.

Ia menerangkan, pihaknya telah berupaya untuk memadamkan api tersebut dan mengurangi mepulan asap yang timbul menggunakan blower atau alat hisap asap.

"Upaya kita tadi menggunakan alat hisap untuk mengurangi asap yang di ruang itu, kerugian sementara belum bisa kita prediksi mungkin besok atau lusa," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Diduga dari Puntung Rokok, Lantai 6 Gedung Terpadu Pemprov Banten Terbakar
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top