Minggu, 05 Juli 2020 |
News Room - Pemerintahan

Di Tangsel Merokok Sembarangan Bisa Dipenjara 3 Bulan

Kamis, 15 Des 2016 | 19:05 WIB Dibaca: 943 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

TANGSEL, [NEWSmedia] - Para perokok tampaknya sudah tidak bisa sembarangan lagi merokok di wilayah Kota Tangerang Selatan. Ada sejumlah lokasi yang dilarang untuk mengisap rokok. Jika melanggar, sanksinya pidana penjara selama tiga bulan.

Aturan itu diberlakukan setelah disahkannya Perda Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di Kota Tangsel. Dalam perda tersebut disebutkan, lokasi-lokasi yang dilarang untuk mengisap rokok.

Lokasi-lokasi yang dilarang antara lain di tempat pendidikan, tempat ibadah, fasilitas kesehatan, pusat perbelanjaan dan pasar, toko modern serta di dalam angkutan umum.

“Akan kami awasi ketat untuk menegakkan aturan," kata Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Kota Tangsel Muksin usai sosialisasi Perda KTR di Serpong, Kamis (15/12/2016).

Menurut Muksin, untuk mengawasi perokok, pemerintah membentuk Satgas di masing-masing Rukun Warga (RW), kelurahan, kecamatan, SKPD serta pengelola fasilitas umum. “Jika ada yang melanggar pastinya ada sanksi. Mulai teguran hingga sanksi penjara selama tiga bulan,” ujarnya.

Khusus bagi perokok di kendaraan umum yang tertangkap basah, akan langsung disanksi dengan tindak pidana ringan (tipiring) yang dikenai denda di lokasi. “Kita akan tindak tegas pelanggar perda,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Promosi Kesehatan dan SDK pada Dinas Kesehatan Kota Tangsel, Iin Sofiawati mengatakan, tugas satgas nantinya akan menegur orang yang sedang merokok di tempat yang dilarang.

Teguran tersebut merupakan sanksi moral terhadap perokok. “Kalau perokok ditegur. Kalau masih membandel dilaporkan kepada PPNS untuk ditindak lanjuti,” tuturnya. [tn/idr]

Editor: Arif Darma
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Di Tangsel Merokok Sembarangan Bisa Dipenjara 3 Bulan
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top