Selasa, 13 April 2021 |
News Room - Politik

Di Kota Serang, Parpol Calon Peserta Pemilu 2019 Mulai Diverifikasi

Minggu, 01 Okt 2017 | 16:22 WIB Dibaca: 1019 Pengunjung

Acara Bimtek Tata Cara Pendaftaran dan Verifikasi Parpol Calon Peserta Pemilu 2019 di Le Dian Hotel Kota Serang, Minggu (1/10/2017)

SERANG, [NEWSmedia] - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Serang akan melakukan verifikasi terhadap partai politik calon peserta Pemilihan Legislatif (Pileg) ataupun Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2019.

Koordinator Divisi Hukum KPU Kota Serang, Durotul Bahiyah mengatakan, tahapan tersebut akan dimulai dari pendaftaran parpol calon peserta Pemilu ke KPU Kota Serang dari tanggal 3 sampai 16 Oktober 2017.

"Partai lama ataupun partai baru, semua harus membawa berkas pendaftaran yang berbentuk hardcopy karena kalau yang softcopy melalui Sipol (sistem informasi partai politik-red) secara online," kata Bahiyah saat acara Bimtek di Le Dian Hotel Kota Serang, Minggu (1/10/2017).

Ia menjelaskan, saat verifikasi, ada sedikit perbedaan antara partai politik yang lama dengan partai politik yang baru, untuk partai politik lama, tidak diverifikasi secara faktual, sementara untuk partai politik yang baru akan diverifikasi secara faktual.

"Persyaratan yang lain semuanya sama, softcoopy melalui Sipol yang di-input oleh masing-masing parpol, kalau parpol baru di Kota Serang ada tujuh, Partai Idaman, Partai Berkarya, PSI, Perindo, GSI, Partai Garuda dan Parsindo, tapi bisa jadi kalau sipolnya udah ada di DPP, partai baru bisa nambah," terangnya.

Ia juga mengungkapkan, setelah tahap pendaftaran, pihaknya akan melakukan verifikasi secara faktual terhadap partai politik yang baru sebagai calon peserta Pemilu tersebut.

"Kalau misal ada yang kurang, kita kembalikan lagi, harus dilengkapi lagi, perbaikannya 30 hari setelah tanggal 16 Oktober, nanti setor lagi ke KPU, kalau sudah beres, KPU Kota Serang akan menyerahkan ke KPU Banten, dari KPU Banten ke KPU Pusat termasuk tembusan ke partainya," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Serang, Heri Wahidin berharap, seluruh partai politik sudah harus siap untuk mengikuti tahapan tersebut agar bisa lolos dan mengikuti Pemilu tahun 2019.

"Karena ini banyak persyaratan yang harus dipenuhi, mulai dari kepengurusan, keterwakilan perempuan, KTA/ KTP dan lain sebagainya, ini tidak mudah kalau tidak siap," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Di Kota Serang, Parpol Calon Peserta Pemilu 2019 Mulai Diverifikasi
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top