Minggu, 24 Maret 2019 |
News Room - Politik

Di Banten Ada 6 WNA Masuk DPT, KPU: Kita Coret

Kamis, 14 Mar 2019 | 17:45 WIB Dibaca: 83 Pengunjung

Komisioner KPU Banten Nurkhayat Santosa ditemui di Alun-alun Kota Serang, Kamis (14/3/2019).*

SERANG, [NEWSmedia] - Sebanyak 6 orang warga negara asing (WNA) ditemukan masuk daftar pemilih di Pemilu 2019. WNA tersebut berada di Serang, Cilegon dan Tangerang, Provinsi Banten.

Komisioner KPU Provinsi Banten, Nurkhayat Santosa yang ditemui di Alun-alun Barat Kota Serang, Kamis (14/3/2019) siang, menyatakan persoalan WNA yang masuk ke Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Provinsi Banten sudah diselesaikan.

Menurut dia, temuan itu sudah dilaporkan ke KPU RI dan telah dihapus dari DPT Pemilu 2019 di Provinsi Banten.

"Ada sekitar enam WNA, di Cilegon, Serang dan Tangerang dan itu sudah kita laporkan ke KPU RI dan posisi sekarang sudah dihapus dari DPT," kata Nurhayat.

Ia menjelaskan, ditemukannya WNA masuk DPT di tiga daerah di Banten itu disebabkan karena daerah tersebut merupakan wilayah urban dan banyak perusahaan besar yang mempekerjakan warga negara asing.

"Ada dari Jerman, Jepang, Australi, Mesir. Memang wilayah itu wilayah urban dan ada perusahaan besar di situ," jelasnya.

Selain itu, menurut Nurkhayat, masuknya WNA ke dalam DPT di Provinsi Banten lantaran petugas di lapangan memiliki pemahaman yang kurang dan terkadang petugas lupa dengan regulasi.

"Banyak hal yang menyebabkan itu, kan data awal dari Disdukcapil, terus KPU melalui petugas pantarlih di coklit, saat pencoklitan itu kadang petugas di bawah rata-rata, kadang lupa regulasinya, akhirnya mereka (WNA-red) masuk, tapi bukan karena kesengajaan, tapi pemahaman yang terbatas," terangnya.

Nurkhayat pun menegaskan bahwa WNA tidak bisa menjadi pemilih di pemilu berdasarkan ketentuan undang-undang. Dalam Undang-Undang Pemilu, disebutkan bahwa warga negara yang masuk DPT adalah warga negara Indonesia (WNI) yang sudah berumur 17 tahun dan atau yang sudah menikah. 

"Memang secara undang-undang, yang masuk dalam DPT adalah WNI yang berumur 17 tahun atau sudah menikah. WNA tidak punya hak dalam pemilu, dari regulasi itulah maka WNA yang masuk DPT, kita coret," ujarnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Di Banten Ada 6 WNA Masuk DPT, KPU: Kita Coret
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top