Jumat, 05 Juni 2020 |
News Room

Di Banten, 2 Hotel Milik Anggota Wantimpres Dijadikan Tempat Menginap Tenaga Medis Covid-19

Senin, 06 Apr 2020 | 23:16 WIB Dibaca: 2682 Pengunjung

Le Dian Hotel di Kota Serang, Banten. (Foto: Istimewa)

SERANG, [NEWSmedia] - Tenaga medis di RSUD Banten yang menangani pasien Covid-19 mendapat kabar bergembira. Jika sebelumnya mereka ditempatkan di bangunan belakang pendopo lama Gubernur Banten untuk menginap, kini mereka diberikan fasilitas menginap di hotel.

Tak tanggung-tanggung, Pemerintah Provinsi Banten memberikan fasilitas hotel mewah bagi para tim medis Covid-19 di RSUD Banten. Hotel itu adalah Le Dian Hotel dan Le Semar Hotel.

Dua hotel mewah yang berada di pusat ibu kota Provinsi Banten itu merupakan hotel ternama yang kerap digunakan untuk kegiatan-kegiatan besar. Termasuk Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara, sudah dua kali menginap di Le Dian Hotel.

 Salah satu kamar di Hotel Le Dian.*

Diketahui sebelumnya, tempat penginapan tenaga medis yang menangani pasien Covid-19 di RSUD Banten sempat menjadi sorotan. Mereka ditempatkan di bangunan belakang eks Pendopo Gubernur Banten, tidur dengan kasur di lantai, tanpa ranjang.

Gubernur Banten, Wahidin Halim mengatakan tidak ada satupun hotel yang mau bekerjasama menampung para tenaga medis tersebut.

"Hotel tidak ada yang mau jadi tempat karantina. Kalau mau sudah dari awal ditempatkan di hotel. Saya segera carikan lagi tempat untuk tempat karantina,” kata Wahidin Halim, melalui siaran pers, Sabtu (4/4/2020).

Menurut Wahidin, sampai saat ini tercatat sebanyak 127 pegawai RSUD Banten yang terdiri dari 121 petugas kesehatan dan 6 dokter spesialis yang bertugas dalam penanganan pasien Covid-19 di RSUD Provinsi Banten. Secara bergantian mereka menggunakan fasilitas yang ada di pendopo lama untuk beristirahat.

General Manager Le Dian Hotel, Yuswanto membenarkan hotel milik Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Muhamad Mardiono itu dijadikan fasilitas untuk menginap tenaga medis Covid-19 di Banten.

“Atas izin dari pemilik, yaitu Bapak Mardiono, hotelnya ini diperkenankan untuk fasilitas tenaga medis yang menangani pasien Covid-19 di RSUD Banten,” kata Yuswanto dihubungi melalui telepon Senin (6/4/2020) malam.

 Hotel Le Semar.*

Ia mengatakan, pihaknya akan memberlakukan protokol kesehatan sebagaimana standar WHO terhadap keberadaan tenaga medis RSUD Banten yang menangani pasien Covid-19. Manajemen hotel, kata Yuswanto juga akan terus berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Banten, khususnya Dinas Kesehatan untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada para tenaga medis tersebut.

“Di situasi sekarang ini, kita perlu merelakan apa yang kita miliki untuk memberikan dukungan kepada tenaga medis yang punya semangat tinggi pengabdian dan kesediaan merawat pasien Covid-19. Tentu kita terapkan juga aturan atau protokol kesehatan,” ujarnya. [ard]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Arif Darma
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Di Banten, 2 Hotel Milik Anggota Wantimpres Dijadikan Tempat Menginap Tenaga Medis Covid-19

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top