Minggu, 24 Juni 2018 |
News Room

Di Acara Malam Taaruf, Penari Banten Pikat Kontingen Pospenas se-Nusantara

Sabtu, 22 Okt 2016 | 04:55 WIB Dibaca: 1220 Pengunjung

Salah seorang perwakilan kontingen berfoto bersama para penari Banten yang memeriahkan acara Malam Taaruf Pospenas VII Tahun 2016 di Pendopo Gubernur Banten, Jumat (22/10/2016) malam.*

SERANG, [NEWSmedia] - Acara Malam Taaruf bersama kontingen Pospenas VII Tahun 2016 yang digelar di Aula Pendopo Gubernur Banten pada Jumat (21/10/2016) malam dimeriahkan dengan penampilan penari Banten yang membawakan sejumlah tarian khas dari berbagai daerah.

Di awal pembukaan, para penari dari Sanggar Raksa Budaya Banten itu menyajikan tarian ‘Selamat Datang’ khas Banten. Selanjutnya, tim penari di bawah asuhan Maya Rani Wulan itu juga menyajikan tari Saman khas Aceh dan tarian khas Bali serta tarian khas Papua.

Penampilan para penari Banten ini tentu memukau para perwakian kontingen (official) Pospenas VII Tahun 2016 yang berasal dari seluruh daerah di Nusantara. Beberapa kali tepukan meriah terdengar dari para undangan.

“Sebenarnya (Sanggar Raksa Budaya) fokus ke tarian khas Banten. Kebutulan ini acara nasional, jadi kita membawakan tarian berbagai macam dari beberapa daerah di Indonesia. Kami memberikan nama tarian tadi sebagai tarian nusantara,” kata Maya Rani Wulan, pembina Sanggar Tari Reksa Budaya Banten, ditemui usai acara.

Maya mengungkapkan, ‘Tari Banten Katuran’ menjadi tarian wajib yang dibawakan sebagai tanda penghormatan kepada tamu, yang juga memiliki kandungan makna sebagai bentuk penghormatan dan sebuah ajakan untuk datang ke Provinsi Banten.

Selain itu, sebagai bentuk penghargaan atas keberagaman, para penari dari Sanggar Raksa Budaya juga menyajikan ‘Tari Saman’ dari Aceh, serta tarian khas Bali, dan tarian khas Papua.

“Saya sangat berterimakasih atas apresiasi dari tamu undangan, padahal kami latihan (tarian luar Banten) itu baru dua hari,” ungkap Maya.

Seperti biasa, usai perfom, para penari Banten itupun menjadi daya pikat para perwakilan kontingen Pospenas untuk berfoto bersama. Seperti yang dilakukan salan seorang perwakilan kontingen dari Provinsi Kalimatan Selatan bernama Muhriadi, yang tanpa malu-malu meminta untuk difoto bersama para penari. [Ildhan]

Penulis: Ildhan Firmansyah
Editor: Arif Darma
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Di Acara Malam Taaruf, Penari Banten Pikat Kontingen Pospenas se-Nusantara
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top